DBAsia News

Perbandingan Kali Terakhir AC Milan Tampil di Liga Champions dan Saat Ini

DBasia.news – AC Milan lolos dari lubang jarum pada laga pamungkas Serie A 2020-2021. Rossoneri mencapai target ke Liga Champions 2021-2022 setelah menumbangkan Atalanta pada laga penentuan.

Sempat diragukan, Milan di luar dugaan menekuk Atalanta di Bergamo. Dua gol Rossoneri diborong Franck Kessie dari titik putih.

Dengan hasil tersebut, Milan mengakhiri musim dengan menempati posisi kedua. Dari 38 pertandingan, Milan mengoleksi 79 poin. Skuad asuhan Stefano Pioli tersebut terpaut 12 poin dari sang juara, Inter Milan.

Kini, Milan akan kembali berlaga di Liga Champions. Rossoneri menjadi wakil Italia bersama Inter Milan, Atalanta, dan Juventus. Hasil tersebut sekaligus menghapus dahaga Milan yang absen dari Liga Champions sejak 2014.

Dengan waktu tujuh tahun di mana Milan absen dari kompetisi terbaik antarklub Eropa, menarik membahas bagaimana nasib skuad tersebut saat ini. BolaSkor akan mengulasnya seperti di bawah ini.

Milan terakhir kali tampil di Liga Champions adalah pada musim 2013-2014. Rossoneri hanya mampu melaju hingga babak 16 besar. Saat itu, Milan dilatih Massimiliano Allegri.

Ketika itu, pada posisi kiper, Milan diperkuat Marco Amelia, Ferdinando Coppola, Gabriel, dan Christian Abbiati. Saat ini, tiga dari empat penjaga gawang tersebut sudah gantung sarung tangan.

Satu-satunya yang masih aktif bermain adalah Gabriel. Ia memperkuat klub Serie B, Lecce.

Pada sisi lainnya, Abbiati kembali mengabdi untuk Milan dengan menjadi kordinator tim. Sementara itu, Coppola memilih menjadi pelatih kiper Cremonese. Adapun, Amelia berada di belakang kemudi AS Livorno.

Beralih ke posisi bek, Milan diperkuat Mattia De Sciglio, Philippe Mexes, Adil Rami, Cristian Zapata, Ignazio Abate, Kevin Constant, Daniele Bonera, Matias Silvestre, dan Cristian Zaccardo.

Mexes, Bonera, Abate, dan Zaccardo adalah tiga nama yang telah gantung sepatu. Sementara itu, De Sciglio (Lyon), Silvestre (Mouscron), Zapata (Genoa), dan Rami (Boavista) masih aktif bermain. Menariknya, Bonera kembali ke Milan sebagai pelatih teknik.

Menuju ke lini kedua, Milan mendaftarkan Sulley Muntari, Riccardo Saponara, Keisuke Honda, Valter Birsa, Michael Essien, Andrea Poli, Riccardo Montolivo, Bryan Cristante, Urby Emanuelson, dan Nigel de Jong untuk unjuk gigi di Liga Champions.

Dari nama-nama tersebut, sebagian besar masih tampil hingga saat ini. Honda (Neftchi Baku), Cristante (AS Roma), Emanuelson (FC Utrecht), Poli (Bologna), De Jong (Al-Shahania SC) adalah pemain yang masuk dalam kategori tersebut. Adapun, Birsa berstatus tanpa klub usai terakhir kali dilepas Cagliari.

Sementara itu, Montolivo sudah pensiun di Milan pada 2019. Constant dan Muntari pun memilih jalan serupa. Pada sisi lain, pemain yang pernah berkarier di Indonesia bersama Persib Bandung, Michael Essien, saat ini sedang istirahat sejenak dari karier sepak bolanya.

Posisi terakhir adalah armada serang. Pada musim itu, Milan mempunyai sejumlah pemain berbahaya seperti Robinho, Giampaolo Pazzini, Ricardo Kaka, Adel Taarabt, Stephan El Shaarawy, dan Mario Balotelli.

Kini, pemain seperti Kaka dan Pazzini telah memilih berhenti menjadi pemain. Sementara itu, Robinho sedang hiatus setelah terakhir kali membela klub yang menemukan bakatnya, Santos.

Sementara itu, Balotelli, Petagna, dan El Shaarawy masih berkarier di Italia. Jika Balotelli menjadi ujung tombak klub Serie B, Monza, El Shaarawy memperkuat Roma dan Petagna menjadi andalan Napoli. Pada sisi lain, Taarabt yang sudah berusia 32 tahun sedang berjuang bersama Benfica.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?