DBAsia News

Newcastle United vs Manchester City 31 Januari 2019

Newcastle United vs Manchester City


DBasia.news –  Newcastle United dijadwalkan akan menjamu juara bertahan Liga Premier Manchester City di St James Park pada Rabu dini hari. The Magpies tentu akan berusaha meraih poin guna bernajak dari zona zona degradasi Liga Premier Inggris musim ini. Sejak promosi dari Championship 2 musim silam, Newcastle memang tampil mengecewakan dan terus terjerumus ke papan bawah.

Anak asuh Rafa Benitez ini sejatinya sempat menunjukan tanda kebangkita saat menang 3-0 atas Cardiff pada pekan lalu namun kembali tampil buruk saat kalah 0-2 dari Watford di Piala FA. Sementara  Manchester City datang ke Tyneside dengan bekal positif setelah menang 5-0 atas Burnley. The Citizens tentu akan kembali menargetkan 3 angka untuk menjaga jarak dengan Liverpool yang berada di puncak klasemen sementara. Untuk sementara City dan Liverpool hanya terpisah 4 angka, dengan demikian persaingan gelar juara akan ditentukan setiap pekan demi pekan. Tergelincir melawan tim kecil tentu sudah merupakan kerugian besar bagi City maupun Liverpool.

Setelah tergelincir pada dua laga pada bulan Desember yang juga berakibat terkudetanya posisi puncak klasemen City oleh Liverpool, anak asuh Pep Guardiola ini langsung tampil kesetana. Sejak kekalahan terakhir mereka melawan Leicester, City mampu memenangkan delapan pertandingan di semua kompetisi dan mencetak 33 gol dalam. Catatan offensif tersebut semakin sempurna dengan torehan pertahanan pula karena sudah enam pertandingan City mampu mencatatkan Clean Sheet. Terakhir kali Ederson Moraes memungut bola dari gawangnya adalah beberapa pekan lalu saat menang 2-1 atas Liverpool.

Dalam lawatanya ke St James Park, City akan minus 2 pemain gaeknya. Kapten Vincent Kompany mengalami cedera ankle da disusul oleh Claudio Bravo. Absennya Kompany maupun Bravo tentu tak merisaukan City karena keduanya notabene bukan merupakan pemain reguler pilihan Pep Guardiola. Apalagi City juga memiliki kedalam skuad yang bagus sehingga kualitas antara pemain reguler dan bench relatif merata, hal ini tentu memudahkan Pep untuk melakukan rotasi.

Manchester City

Berbeda dengan City yang hanya akan minus 2 pemain, Newcastle akan tampil tanpa sejumlah punggawanya.  Ki Sung Yueng dipastikan absen karena cedera, sementara itu kondisi dari Karl Darlow, Paul Dummett, Jonjo Shelvey, Mo Diame masih terus dipantau pasca mengalami masalah kebugaran saat kalah dari Watford hari Sabtu laluThe Magpies juga tanpa Yoshinori Muto yang tengah membela Timnas Jepang dalam ajang Piala Asia.

Secara Head to Head, Newcastle masih unggul atas Manchester City dengan memenangkan 71 dari 178 pertemuan di semua kompetisi. City hanya mampu 68 kali menang, sementara 39 launya berakhir dengan seri. Meskpun unggul secara Head to Head, lebih dari 1 dekade terakhir Newcastle mencatatkan raihan yang berbanding terbalik kala bertemu City. Newcastle belum pernah mengalahkan City di liga sejak 2005 dan satu-satunya kemenangan terakhir mereka atas The Citizens adalah di Piala Liga tahun 2014.

Manchester City diprediksi akan mampu menundukan Newcastle kendati tuan ruman rumah akan memberikan perlawanan ketat.

Newcastle United (5-4-1) : Martin Dubravka (GK) DeAndre Yedlin, Fabian Schar, James Lascelles, Florian Lejeune, Matt Ritchie, Issac Hayden, Sean Longstaff, Ayoze Perez, Christian Atsu, Salomon Rondon

Manchester City (4-3-3) : Ederson Moraes (GK) Kyle  Walker, Nicholas Otamendi, Aymeric Laporte, Danilo, Kevin De Bruyne, Fernandinho, Ikay Gundogan, Raheem Sterling, Leroy Sane, Sergio Aguero

Prediksi Akhir skor 0-2 untuk Manchester City

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?