DBAsia News

Liverpool Bisa Gaet 100 Juta Pound Andai Juara Liga Champions

Liverpool

DBasia.news –  Liverpool, di ambang membawa pulang hadiah yang mendekat ke angka £100 juta andai berhasil mengalahkan Tottenham Hotspur di final Liga Champions pekan depan.

Jumlah tersebut adalah rekor baru hadiah bagi tim asal Inggris dalam sebuah turnamen.

Andai gagal, Liverpool disebut akan meraup hadiah £94,6 juta sementara Tottenham Hotspur akan menambah rekening bank £94 juta andai menang dan £89,5 juta jika kalah.

Angka-angka ini muncul berdasar kalkulasi dari sejumlah faktor seperti fee pertandingan sejak babak grup hingga bonus bagi juara grup. Belum lagi ditambah dari pembayaran tambahan karena keberhasilan tim lolos ke 16 besar, delapan besar, semi-final dan final.

Perbedaan hadiah antara juara dan runner-up di kompetisi antarklub paling elit di Eropa itu sendiri hanya berkisar di angka £3,5 juta.

Akan tetapi masih ada dua hadiah tambahan lainnya dari UEFA terkait pendapatan para klub peserta yaitu ‘market pool’ share dan ‘co-efficient pool share’.

Market pool share dihitung berdasar kalkulasi rumit dengan beragam faktor seperti peringkat liga di musim sebelumnya dan kompensasi yang dibayarkan perusahaan TV di negara peserta pada UEFA untuk hak siar Liga Champions.

Sementara co-efficient pool share adalah hadiah uang untuk klub dengan sejarah terbaik di Eropa dalam satu dekade terakahir.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?