DBAsia News

Jarak Tempuh Barcelona Kalah dari Slavia Praha

DBasia.news –  Usai kalah telak 1-3 melawan Levante di LaLiga, FC Barcelona harus puas bermain imbang tanpa gol kala melawan Slavia Praha di Liga Champions.

Barcelona mendominasi penguasaan bola sebanyak 63 persen, melepaskan 14 tendangan dan enam di antaranya tepat sasaran. Namun, itu semua tak cukup menembus rapatnya pertahanan Slavia dan ketangguhan Ondrej Kolar, kiper Slavia Praha.

Sorotan langsung diarahkan kepada Ernesto Valverde, pelatih Barcelona. Timnya memiliki bintang-bintang dengan kualitas individu di atas rata-rata, namun mantan pelatih Athletic Bilbao itu tak mampu memaksimalkannya dengan baik.

Tidak hanya itu, ada juga statistik memprihatinkan yang dimunculkan oleh Sport-English mengenai jarak tempuh atau daya jelajah rata-rata pemain Barcelona kontra Slavia, plus di perjalanan grup F Liga Champions 2019-20.

Barcelona total hanya menempuh daya jelajah 111 kilometer di Camp Nou, sementara Slavia 125 kilometer. Itu menunjukkan bahwa para pemain Slavia lebih banyak berlari dibandingkan pemain Barcelona.

Memang, tidak ada jaminan tim meraih kemenangan dengan hanya modal lari dan semangat juang, karena yang terpenting hasil akhir dan gol – untuk beberapa tim: gaya main. Namun, setidaknya Slavia memperlihatkan usaha untuk meraih sesuati di Camp Nou (dan mereka mendapatkan satu poin).

Barcelona bukan tim pejuang dari segi jarak tempuh karena mereka punya kemampuan individu pemain di atas rata-rata dan punya superstar, Lionel Messi. Kendati demikian, pelajaran dari laga melawan Liverpool di Liga Champions musim lalu tak boleh dilupakan Barcelona.

Pemain dengan jarak tempuh terbanyak Barcelona di Camp Nou adalah Frenkie de Jong (46 kilometer), diikuti Clement Lenglet (39 kilometer). Catatan itu masih kalah dari Tomas Soucek, pemain Slavia, yang mencatkan lebih dari 50 kilometer di empat laga – rata-rata lebih dari 12 kilometer per laga.

Positifnya, laga melawan Slavia di Camp Nou itu jadi catatan jarak tempuh terbanyak Barca dibanding tiga laga sebelumnya melawan Borussia Dortmund (104,191 kilometer), Inter Milan (104,593 kilometer), dan Slavia (106,967 kilometer).

Melihat kurangnya determinasi atau perjuangan para pemain Barcelona itu, wajar jika fans di Camp Nou menyiuli mereka kala pergi menuju ruang ganti pemain.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?