DBAsia News

Guardiola Setara Ferguson dan Mourinho

Pep Guardiola


DBasia.news –  Keberhasilan Manchester City memenangi gelar Liga Inggris membuat Pep Guardiola setara dengan Sir Alex Ferguson dan Jose Mourinho sebagai pelatih yang sanggup mempertahankan gelar.

Pep Guardiola merupakan pelatih yang mulai menangani Manchester City pada musim 2016-17. Pada musim pertamanya, hanya bisa mengantarkan Sergio Aguero dkk finis di posisi ketiga klasemen Liga Inggris.

Namun, pada musim berikutnya pelatih berusia 48 tahun ini mampu membuat tim berjulukan The Cityzens keluar sebagai kampiun di Premier League. Bahkan, Man City mampu menjadi juara dengan kemasan akhir 100 poin atau hanya mengalami dua kekalahan dan empat kali seri sepanjang musim.

Tak hanya berhasil mempertahankan gelar paling bergengsi di Inggris, Guardiola juga sukses kembali memenangi penghargaan pelatih terbaik. Ia mengalahkan kandidat lain, yakni Juergen Klopp, Mauricio Pochettino, dan Nuno Espirito Santo.

Bahkan, bisa mempertahankan titel Liga Inggris menjadikan Guardiola sejajar dengan Sir Alex Ferguson dan Jose Mourinho. Hanya tiga pelatih tersebut sanggup memenangi Liga Inggris minimal dua kali beruntun.

Sir Alex merupakan pelatih yang pernah mempertahankan gelar di empat kesempatan berbeda. Bahkan, salah satunya dimenanginya hingga tiga kali beruntun.

Sementara itu, Jose Mourinho pernah mencatatkan sukses tersebut bersama Chelsea pada 2004-05 dan 2005-06.

Guardiola tentu masih berpeluang menyamai rekor yang pernah dibuat Ferguson pada periode 2006 hingga 2009. Yakni, sebagai satu-satunya pelatih yang sanggup memenangi tiga gelar Liga Inggris secara beruntun.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?