DBAsia News

Fakta-fakta Menarik Seputar Henrikh Mkhitaryan

Maxime Gonalons

DBasia.news –  Selain Nikola Kalinic, AS Roma, juga merekrut Henrikh Mkhitaryan dengan status pinjaman dari Arsenal di jelang penutupan bursa transfer musim panas 2019.

Berikut fakta-fakta menarik mengenai gelandang asal Armenia tersebut:

1. Henrikh Mkhitaryan lahir di Yerevan, Armenia, pada 21 Januari 1989.

2. Ketika ia masih kecil, Mkhitaryan pindah ke Prancis, ke Valence, tempat ayahnya – yang juga pemain sepak bola profesional – bermain untuk klub di kota tersebut.

3. Ia memulai kariernya di kota tempat kelahiran, namun, kemudian pindah ke Pyunik dan memenangkan liga Armenia empat kali bersama klub tersebut.

4. Pada tahun 2009 ia pindah ke Metalurg Donetsk – tetapi dalam waktu 18 bulan ia telah menarik perhatian klub kota lainnya, Shakhtar, yang kemudian merekrutnya. Dalam tiga musim di sana, ia memenangkan liga sebanyak tiga kali dan membuat lebih dari 100 penampilan.

5. Pada 2013, tim Borussia Dortmund asuhan Jurgen Klopp mengontraknya. Di sana ia memenangkan Piala Super Jerman dan juga mencapai perempat final Liga Champions.

6. Tiga musim kemudian, Manchester United membayar lebih dari 30 juta euro untuk merekrut pemain Armenia itu. Dalam dua musim di Old Trafford ia memenangkan Community Shield, Piala Liga, dan Liga Europa – mencetak gol di final saat melawan Ajax.

7. Pada Januari 2018, ia pergi ke Arsenal sebagai bagian dari kesepakatan yang membawa Alexis Sanchez ke United. Ia mencetak delapan gol dalam 34 penampilan untuk The Gunners.

8. Harapan Mkhitaryan untuk mencetak gol di final Liga Eropa keduanya pupus – karena mengalami cedera yang membuatnya gagal melakukan perjalanan ke Baku untuk final musim lalu melawan Chelsea.

9. Di tingkat internasional, Mkhitaryan telah membuat 84 penampilan untuk Armenia – mencetak 27 gol. Ia sudah menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa di negaranya.

10. Ia bisa diikuti di Twitter (@HenrikhMkh), Instagram (@micki_taryan) dan Facebook.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?