DBAsia News

Dietrich Mateschitz, Pemilik Klub Terkaya Dunia di atas Man City dan PSG

Dietrich Mateschitz


DBasia.news –  PSG (Paris Saint-Germain) dan Manchester City bukanlah klub-klub dengan pemilik yang kaya raya atau terkaya dunia. Menurut Mirror, pemilik klub lainnya lebih kaya dari supremo kedua klub tersebut.

Selama ini, Manchester City atau PSG kerap dianggap terbantu karena dimiliki konglomerat asal Arab. Hal itu karena mereka kerap mendatangkan pemain-pemain top.

Penggemar sepak bola menilai Manchester City dan PSG membeli kesuksesan. Maklum, kedua klub tersebut sama-sama tim semenjana sebelum dibeli konglomerat dari Arab.

Baik Manchester City maupun PSG sama-sama memiliki dana yang cukup berlimpah dalam keuangan masing-masing. Sponsor hingga bantuan terselubung dari pemilik menjadi alasan.

Meski begitu, rupanya bukan pemilik Manchester City atau PSG yang menempati peringkat pemilik klub sepak bola terkaya. Keduanya sama-sama tidak di urutan pertama.

Adalah Dietrich Mateschitz, pemilik Red Bull Salzburg dan RB Leipzig, yang menjadi bos klub sepak bola paling kaya. Kekayaan Mateschitz ditaksir mencapai 17,8 miliar pounds.

Jumlah tersebut sedikit unggul dari taipan yang memiliki Manchester City, Sheikh Mansour. Jumlah uang yang dimiliki Mansour berada di kisaran 17 miliar pounds.

Sementara itu, bos PSG, Nasser Al-Khelaifi, hanya bertengger di peringkat ketujuh. Al-Khelaifi dilaporkan memiliki uang sebanyak 6,2 miliar pounds.

Berikut ini adalah daftar 10 pemilik klub sepak bola terkaya:

  1. Dietrich Mateschitz, Red Bull Salzburg dan RB Leipzig (17,8 miliar pounds)
  2. Sheikh Mansour, Manchester City dan City Football Group (17 miliar pounds)
  3. Keluarga Agnelli, Juventus (10,4 miliar pounds)
  4. Philip Anschutz, LA Galaxy (10 miliar pounds)
  5. Roman Abramovich, Chelsea (8,3 miliar pounds)
  6. Stan Kroenke, Arsenal (6,4 miliar pounds)
  7. Nasser Al-Khelaifi, PSG (6,2 miliar pounds)
  8. Shahid Khan, Fulham (5,4 miliar pounds)
  9. Zhang Jindong, Inter Milan dan Jiangsu Suning (5,2 miliar pounds)
  10. Joe Lewis, Tottenham (3,8 miliar pounds)

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?