DBAsia News

Alkmaar Gagal Samai Ajax

DBasia.news –  AZ Alkmaar secara mengejutkan dipecundangi Willem II dengan 1-3 di kandang sendiri.

Kekalahan ini membuat AZ bertahan pada posisi kedua dengan 41 poin atau terpaut tiga angka dari Ajax.

Bagi Willem, tiga poin ini membuat mereka naik satu tingkat  ke posisi ketiga dengan koleksi 36 poin. Namun mereka bisa saja tersalip oleh PSV Eindhoven yang akan bertandang ke VVV Venlo.

AZ unggul lebih dahulu lewat Oussama Idrisi pada babak pertama. Namun Willem bangkit untuk mengubah skor menjadi 3-1 lewat gol Mats Kohlert, Vangelis Pavlidis, dan Mike Ndayishimiye pada babak kedua.

Meski menguasai penguasaan bola hingga menyentuh 60 persen, namun serangan-serangan yang dilancarkan AZ kurang efektif. Dari 16 percobaan tendangan hanya tiga yang mengarah tepat ke gawang. Sementara tim tamu melakukan 14 percobaan, tujuh di antaranya menemui sasaran.

Tim tamu hampir unggul lebih dulu lewat aksi Vangelis Pavlidis pada menit ke-15. Sayang, sepakan keras dari luar kotak penalti menyamping tipis dari gawang yang dijaga Rody de Boer.

Gol yang ditunggu-tunggu publik tuan rumah baru tercipta pada menit ke-27. Sepakan kaki kanan Oussama Idrissi ke sudut kiri gawang tak bisa ditepis kiper Wellenreuther.

Petaka bagi tuan rumah hadir pada babak kedua. Willem yang mengandalkan serangan balik bermain efektif.

Berawal dari kesalahan bek AZ mengelola umpan, bola direbut Pol Llonch untuk diteruskan kepada Vangelis Pavlidis. Sepakannya bisa diblok kiper namun bola kembali mengarah Mats Koehlert yang tinggal menyonteknya.

Vangelis Pavlidis mengubah papan skor menjadi 2-1 untuk tim tamu pada menit ke-78. Gol kembali tercipta melalui serangan balik cepat. Pavlidis mengelabui kiper dengan mencungkil bola usai menerima umpan terobosan Damil Dankerlui.

Sementara gol ketiga Willem tercipta pada menit 83 lewat sepakan indah Mike Ndayishimiye yang melengkung di luar kotak penalti untuk memperdaya Rody de Boer.

Gol Mike Ndayishimiye menjadi yang terakhir sekaligus membuat AZ menerima kekalahan keempat musim ini.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?