DBAsia News

Alasan Kevin De Bruyne Tidak Jadi Starter Kontra Tottenham Hotspur

Kevin De Bruyne


DBasia.news –  Manchester City gagal mencetak gol dan harus menerima kekalahan kala menyambangi Tottenham Hotspur Stadium, leg satu perempat final Liga Champions, Rabu (10/4) dini hari WIB.

Tim tamu sebenarnya memiliki kesempatan untuk membuka keunggulan terlebih dulu melalui penalti Sergio Aguero di menit ke-13, namun sepakannya dengan mudah bisa di blok Hugo Lloris. Son Heung Min akhirnya memastikan kemenangan​ ​The Lilywhites melalui gol tunggalnya di menit ke-78.

Menguasai jalannya pertandingan dan juga unggul dalam hal penguasaan bola yakni 57 persen berbanding 43 persen, publik cukup dibuat terkejut dengan susunan pemain yang dipilih Pep Guardiola. Manajer asal Spanyol itu memilih untuk membangkucadangkan Kevin de Bruyne dan menurunkan Ilkay Gundogan.  De Bruyne bahkan baru masuk di menit ke-89 menggantikan David Silva.

Tidak mau terlalu lama membuat publik bertanya-tanya mengapa dirinya memilih untuk membangkucadangkan De Bruyne, Guardiola pun akhirnya buka suara dan menegaskan bahwa keputusannya murni karena kepentingan taktik dan strategi.

“Saya memilih untuk memainkan dua gelandang bertahan di posisi tersebut– yakni Ilkay Gundogan dan Fernandinho agar tim bermain lebih solid. Ini bukanlah sebuah masalah. Ya, saya tahu bahwa ini merupakan keputusan yang sulit (untuk De Bruyne), tetapi kami masih memiliki leg kedua,” ungkap Guardiola dilansir ​Evening Standard.

Tidak hanya membahas soal pilihannya membangkucadangkan De Bruyne, eks manajer ​Barcelona itu tetap merasa puas dengan penampilan yang diperlihatkan timnya dalam pertandingan ini.

“Manchester City menguasai jalannya pertandingan. Ya, jika melihat hasil akhir, memang bukanlah yang terbaik, tetapi kami menjalani laga yang sangat luar biasa dan berhasil menciptakan beberapa peluang. Kini yang harus tim lakukan adalah fokus dan melakukan comeback di leg kedua,” tambah dia.

Sebelum menjadi tuan rumah di pertemuan kedua yang akan berlangsung pada 18 April mendatang, klub yang bermarkas di Etihad Stadium itu harus terlebih dulu memainkan laga tandang kontra Crystal Palace di pekan ke-34 ​Premier League, Minggu (14/4).

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?