DBAsia News

Vietnam Kalahkan Timnas U-23 2-1

DBasia.news –  Timnas Indonesia U-23 takluk 1-2 dari Vietnam U-23, pada laga ketiga cabang olahraga sepak bola putra Grup B SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Minggu (1/12).

Timnas Indonesia U-23 membuka laga dengan cukup meyakinan. Skuat Indonesia langsung membangun serangan dan sesekali melakukan serangan balik.

Skuat Garuda mencetak gol lebih dulu pada menit ke-23. Lahirnya gol berawal dari umpan silang Asnawi Mangkualam Bahar dari sisi samping, di mana bola mengarah ke gawang. Bola sempat ditepis kiper Vietnam Bui Tien Dung sebelum kena mistar. Bola di depan gawang kemudian dimasukan Sani Riski Fauzi dengan kepala.

Vietnam langsung mencoba membalas. Pada menit ke-24 Do Hu Dung melepaskan tembakan, bola masih tipis menyamping gawang Indonesia. Sedangkan pada menit ke-26, tembakan percobaan Vietnam jauh dari sasaran.

Adapun Timnas Indonesia U-23 kembali melakukan serangan balik pada menit ke-29. Upaya berujung sundulan Irkham Mila, namun tak menghasilkan gol.

Tembakan percobaan Vietnam lewat Nguyen Trong Hoang diblok Nadeo Argawinata pada menit ke-37. Skor tidak berubah hingga babak pertama berakhir, untuk keunggulan Timnas Indonesia U-23.

Selepas turun minum, Vietnam langsung tampil menyerang. Golden Dragons mencoba memaksimalkan waktu yang ada untuk mengejar ketertinggalan.
Bola sepakan Quang Hai pada menit ke-50 mudah diamankan Nadeo. Serangan terus digencarkan anak asuh Park Hang-seo. Sedangkan Garuda kembali mengandalkan serangan balik, dengan kecepatan.

Vietnam menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat gol menit ke-64. Adalah Nguyen Thanh Chung yang menggetarkan jala gawang Indonesia, setelah bola sundulan memaksimalkan umpan sepak pojok mengarah ke pojok tiang jauh tanpa bisa diantisipasi Nadeo Argawinata.

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Indra Sjafri memasukan Egy Maulana Vikri, menggantikan Irkham Mila pada menit ke-65. Indonesia mulai membangun serangan dari berbagai sisi.

Timnas Indonesia U-23 hampir kebobolan lewat skema bola mati Vietnam pada menit ke-65. Itu sebelum Indra Sjafri memasukkan Nurhidayat Haji Haris menggantikan Dodi Alekvan Djin.

Skuat Garuda kembali mendapat ancaman pada menit ke-78. Bola sepakan ke arah gawang bisa dihalau Nadeo.

Skuat Garuda dipaksa untuk terus fokus di sisa laga. Mengingat Vietnam tetap menyerang demi kemenangan.

Timnas Indonesia U-23 tertunduk setelah Vietnam mencetak gol pada menit ke-91. Bola tembakan kaki kiri Hoang Duc mengarah pojok dan tak bisa dihalau Nadeo. Garuda hampir kebobolan lagi pada menit ke-92, beruntung bola sepakan Tien Linh melebar.

Timnas Indonesia U-23 pun harus puas tetap dengan enam poin dan turun posisi ke tempat ketiga. Adapun tambahan tiga angka membuat Vietnam mengoleksi sembilan poin dari tiga laga dan masih mantap di puncak.

Selanjutnya Timnas Indonesia U-23 menghadapi lawan relatif lebih ringan Brunei Darussalam, Selasa (3/12). Adapun Vietnam akan berhadapan dengan Singapura.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?