DBAsia News

Tidak Ada Wakil Italia dan Inggris, Ini 5 Klub dengan Akademi Sepak Bola Terbaik di Eropa

Barcelona

DBasia.news – Klub profesional pastinya mempunyai sistem pembinaan akademi yang sangat baik. Mereka bisa menghasilkan produk-produk kualitas pemain hebat sendiri, yang nantinya bisa memperkuat tim senior di masa depan.

Meski begitu, tidak semua pemain akademi bisa memperkuat klub tersebut. Pasalnya, sebagian besar klub top justru memiliki akademi yang tidak begitu bagus.

Klub-klub di Inggris dan Italia contohnya, jarang menggunakan jasa pemain asal akademi mereka. Bahkan, lulusan akademi klub besar justru berakhir di kesebelasan semenjana.

Lain halnya dengan kesebelasan asal Portugal atau Spanyol. Mereka kerap memercayai produk akademinya sendiri dan menuai keuntungan dari cara tersebut.

Lima kesebelasan Eropa terkenal memiliki akademi terbaik. Terlihat dari lulusan akademi yang memperkuat klub top lain atau menjadi tulang punggung klub.

Terdapat sejumlah kriteria untuk masuk ke dalam daftar ini. Seorang pemain harus minimal menimba ilmu selama dua tahun di akademi sepak bola klub tersebut sebelum berusia 21 tahun.

Selain itu, pemain yang dibeli ketika masih muda berbeda dengan lulusan akademi. Contohnya, Ivan Rakitic yang dibeli oleh Schalke 04 saat masih muda atau Kylian Mbappe ketika bergabung dengan PSG.

Lantas, siapa saja kesebelasan yang memiliki lulusan akademi terbaik? Berikut ini merupakan lima klub Eropa dengan akademi sepak bola terbaik saat ini:

Ajax Amsterdam

 


Lulusan Akademi XI: Marco Bizot: Toby Alderweireld, Matthijs de Ligt, Jan Vertonghen, Daley Blind; Donny van de Beek, Davy Klaassen, Christian Eriksen; Quincy Promes, Justin Kluivert, Kasper Dolberg.

Ajax Amsterdam sejak lama terkenal memiliki akademi sepak bola yang bagus. Mulai dari Johan Cruijff, Marco van Basten, Edwin van der Sar, hingga Wesley Sneijder.

Hingga saat ini, Ajax Amsterdam seolah tidak berhenti menelurkan pemain muda berbakat. Teranyar merupakan angkatan Matthijs de Ligt dan Justin Kluivert.

Terkenal dengan sepak bola ofensif, lulusan terkini akademi Ajax Amsterdam justru lebih banyak pemain bertahan. Mulai dari Alderweireld, De Ligt, Vertonghen, dan Daley Blind merupakan sosok mumpuni di lini belakang.

Sporting CP

 


Lulusan Akademi XI: Rui Patricio; Ricardo Pereira, Eric Dier, Tiago Ilori, Cedric Soares; Joao Mario, Joao Moutinho, William Carvalho; Ricardo Quaresma, Gelson Martins, Cristiano Ronaldo.

Cristiano Ronaldo merupakan lulusan paling terkenal dari akademi sepak bola Sporting CP. Namun, bukan berarti megabintang anyar Juventus itu satu-satunya alumnus top Sporting CP.

Nama-nama seperti Eric Dier, Joao Moutinho, hingga Ricardo Quaresma tentunya tidak bisa diremehkan. Dari tengah ke depan, Sporting CP memiliki lulusan yang luar biasa.

Barisan penyerang lulusan akademi Sporting CP cukup mengerikan karena dihuni Ricardo Quaresma, Gelson Martins, dan Cristiano Ronaldo. Sementara itu kiper Rui Patricio merupakan andalan timnas Portugal.

Schalke 04

 


Lulusan Akademi XI: Manuel Neuer; Benedikt Howedes, Thilo Kehrer, Joel Matip, Philipp Max; Max Meyer, Kerem Demirbay; Leroy Sane, Mesut Ozil, Julian Draxler; Pierre-Michel Lasogga.

Akademi Schalke 04 terkenal kerap melahirkan gelandang-gelandang kreatif. Mulai dari Leroy Sane, Mesut Ozil, hingga Julian Draxler sempat menimba ilmu di sana.

Sementara itu, Schalke 04 juga memiliki lulusan kiper yang tidak kalah mengerikan. Manuel Neuer menjadi kiper andalan Bayern Munchen dan timnas Jerman, sementara Ralf Fahrmann tidak bisa diremehkan.

Akan tetapi, Schalke 04 hampir tidak bisa menikmati para pemain yang mereka hasilkan. Rata-rata angkat kaki dari Veltins Arena ketika telah memasuki usia matang.

Atletico Madrid

 


Lulusan Akademi XI: David De Gea; Javi Manquillo, Saul Niguez, Lucas Hernandez, Theo Hernandez; Thomas Partey, Ignacio Camacho, Rodri, Koke; Fernando Torres, Alvaro Morata.

Theo Hernandez dan Alvaro Morata mungkin lebih terkenal sebagai pemain Real Madrid. Namun, siapa sangka keduanya merupakan produk akademi Ateltico Madrid.

Sementara itu, Fernando Torres dan David De Gea menjadi lulusan tersukses Atletico Madrid. Keduanya menuai keberhasilan di Inggris bersama klub masing-masing.

Sejumlah alumnus akademi sepak bola Atletico Madrid juga masih bertahan di Wanda Metropolitano. Sebut saja Lucas Hernandez, Saul Niguez, Koke, dan Rodri.

Barcelona

 


Lulusan Akademi XI: Pepe Reina; Sergi Roberto, Marc Bartra, Gerard Pique, Jordi Alba; Sergio Busquets, Thiago Alcantara, Andres Iniesta; Gerard Deulofeu, Lionel Messi, Pedro.

Dari nama-nama lulusan Barcelona di atas, semuanya telah memenangi Liga Champions selain Gerard Deulofeu. Selain itu, hanya Pepe Reina yang memenangi gelar tersebut bukan bersama Barcelona.

Barcelona terkenal memiliki akademi sepak bola yang luar biasa. Lulusan akademi mereka yang bernama La Masia kuat di berbagai lini, hingga tidak jarang mereka membeli kembali pemain yang telah dijual.

Sebagai contoh, Barcelona membeli kembali Gerard Pique dari Manchester United dan Jordi Alba dari Valencia. Tentunya Blaugrana tidak perlu mengeluarkan uang lebih andai memercayai lulusan mereka sejak awal.

Alumnus tersukses akademi sepak bola Barcelona tentu saja Lionel Messi yang kini menjadi kapten tim. Meski begitu, akademi sepak bola Barcelona memang tengah mengalami penurunan dalam beberapa musim terakhir.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?