DBAsia News

Thomas Tuchel Bangkitkan Performa Chelsea

DBasia.news – Chelsea melanjutkan momentum bermain di bawah arahan Thomas Tuchel. Teranyar The Blues mengakhiri catatan tak pernah menang di Anfield, markas Liverpool dalam lanjutan laga Premier League.

Chelsea menang 1-0 atas Liverpool, Jumat (05/03) dini hari WIB melalui gol tunggal Mason Mount di menit 42. Liverpool mendominasi penguasaan bola tapi hanya sekali melepaskan peluang tepat sasaran yang tidak terlalu menguji Edouard Mendy.

Chelsea yang sempat menjauh dari empat besar kini masuk lagi ke dalamnya. Cesar Azpilicueta dkk ada di urutan empat klasemen dengan raihan 47 poin, sementara Liverpool di peringkat tujuh dengan koleksi 43 poin.

Catatan impresif yang ditorehkan Chelsea itu tak lepas dari peran manajer asal Jerman Thomas Tuchel. Sejak menggantikan Frank Lampard pada Januari lalu Chelsea mengalami peningkatan pola bermain dan juga kepercayaan diri.

Menurut Opta hanya Manchester City yang meraih lebih banyak poin (24 poin) ketimbang Chelsea (18 poin) sejak Tuchel melatih delapan laga sebelumnya. Sementara itu Lampard hanya meraih tujuh poin dari delapan laga terakhirnya memimpin klub.

Kemenangan melawan Liverpool juga memastikan Chelsea unbeaten atau tak terkalahkan di 10 laga pertama dengan Tuchel (tiga kali imbang dan tujuh kali menang). Plus kebobolan dua gol, delapan clean sheets, dan menorehkan 11 gol.

“Kami bermain dengan keberanian, memiliki momen-momen luar biasa dengan bola, mengalami saat-saat yang kami butuhkan untuk menderita, tidak pernah kehilangan sikap dan keinginan serta kemenangan yang pantas dan performa yang luar biasa,” tutur Tuchel.

“Itu adalah penampilan tim yang sangat bagus. Mereka mengajukan banyak pertanyaan dan kami perlu jawabannya. Setiap orang sangat berani dan semua orang tajam. Ini adalah permainan enam poin karena yang lain kalah. Perlombaan sudah dimulai, masih ada 11 pertandingan lagi.”

“Kami melangkah selangkah demi selangkah. Kami tidak pernah bisa beristirahat dan tidak pernah merayakan, tidak ada waktu,” tegas eks pelatih PSG itu.

Chelsea memang tidak bisa terlalu lama terbawa euforia kemenangan di Anfield itu. Pasalnya mereka masih akan bermain melawan Everton (09/03) dan Leeds United (13/03) sebelum memainkan leg dua 16 besar Liga Champions melawan Atletico Madrid (18/03).

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?