DBAsia News

Terkait Penggelapan Pajak, Jose Mourinho Terima Hukuman Satu Tahun Penjara

Jose Mourinho


DBasia.news –  Jose Mourinho masih saja menjadi pemberitaan hangat di Eropa saat ini, meski faktanya dia sedang menikmati hidup dan tidak lagi melatih klub, setelah meninggalkan Manchester United Desember lalu.

Kini pria asal Portugal tersebut dikabarkan terseret masalah penggelapan pajak, kasus ini terjadi kala dirinya masih berstatus sebagai manajer​ Real Madrid di tahun 2010 hingga 2013. Dia diduga telah menghindari ke​wajiban membayar pajak senilai 3,3 juta euro pada periode fiskal 2011 dan 2012.

Sebagai tambahan informasi, Mourinho dituduh tidak membayar pajak dari pendapatan penggunaan hak cipta dirinya saat masih menukangi ​El Real, dan memindahkan uang yang diperolehnya ke Kepulauan Virgin, salah satu negara yang dikenal memiliki aturan tax haven (tidak mengenakan pajak dari uang yang disimpan di negara tersebut).

Dilansir ​Sky Sports, Mourinho dikabarkan sudah mengakui kesalahan dan menerima hukuman yang diberikan, yakni penjara selama satu tahun.

Namun pria yang juga sempat menukangi​ Inter Milan itu tidak akan menjalani hukuman di balik jeruji besi, pasalnya aturan pajak yang berlaku di Spanyol menyebutkan bahwa pihak yang melanggar hukum untuk pertama kalinya dan mendapatkan sanksi dua tahun atau kurang tidak perlu menjalani sanksi di penjara.

Soal pelanggaran pajak, pelanggar hukum hanya perlu membayar denda ditambah dengan pajak yang sebelumnya tidak dibayarkan kepada negara.

Kasus pelanggaran pajak yang dialami para pelaku sepakbola memang bukanlah hal baru di Spanyol, sebelumnya, megabintang ​Barcelona,​ Lionel Messi dan mantan anak asuh Mourinho di ​Madrid,​ Cristiano Ronaldo juga sempat tersandung masalah yang sama.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?