DBAsia News

Simon McMenemy Raih Lisensi A AFC saat Latih Filipina

Simon McMenemy

DBasia.news – Mantan pelatih PSMS Medan, Peter Butler, menyebut Simon McMenemy tidak punya lisensi UEFA Pro. Ia sangat menyesal PSSI menunjuk Simon sebagai pelatih Timnas Indonesia.

Berbagai pihak mengomentari pernyataan Peter Butler tersebut. Kali ini datang dari Manajer Bhayangkara FC, AKBP Sumardji.

Sumardji membenarkan Simon tidak mengantongi lisensi UEFA Pro. Tapi, mantan pelatih Bhayangkara FC ini punya sertifikat A AFC, sebagai batas minimal lisensi pelatih di Liga 1 dan tim nasional regional Asia.

Sumardji mengatakan, Simon mendapatkan lisensi A AFC ketika mengikuti kursus kepelatihan di Filipina. Arsitek asal Skotlandia pernah melatih Timnas Filipina pada 2010 lalu.

“Simon terdaftar sebagai pelatih Bhayangkara FC dengan Lisensi A AFC yang dia dapat saat kursus pelatih di Filipina,” ujar Sumardji ketika dihubungi wartawan.

“Kami daftarkan di PSSI dan PT LIB. Itu sudah melalui verifikasi operator liga. Kalau tidak, tentu dari awal dia tidak bisa melatih di Bhayangkara FC atau Timnas Indonesia. Sebelum di Bhayangkara, Simon kan sudah melatih di Mitra Kukar dan Pelita Bandung Raya,” kata Sumardji menambahkan.

Adapun, lisensi kepelatihan tertinggi di Asia adalah AFC Pro dan di Eropa yakni UEFA Pro. Simon butuh mengikuti kursus lagi untuk mengantongi sertifikat itu.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?