DBAsia News

Piala Asia 2019: Qatar Menang Atas Jepang di Laga Final

Qatar Juara Piala Asia 2019


DBasia.news –  Qatar menjadi juara Piala Asia 2019 setelah di final mengalahkan Jepang 3-1. Qatar sudah unggul 2-0 di babak pertama.

Memulai laga dengan 4-4-2, Jepang menempatkan duet Yuya Osako dan Takumi Minamino di lini depan. Duet ini diharapkan bisa menembus kokohnya tembok pertahanan Qatar dengan lima beknya dengan skema 5-3-2 kali ini.

Skuat Samurai Biru memang menginisiasi serangan di awal laga. Namun Qatar jauh main lebih cerdas dalam menafaatkan celah kosong  yang dibuat pertahanan Jepang. Gol pertama lahir pada menit ke-12 saat Almoez Ali menceploskan bola dengan sepakan saltonya di area kotak penalti Jepang.

Berkat  gol itu, perolehan total gol Almoez bertambah menjadi 9 gol di turnamen ini dan memastikan dirinya melewati rekor Ali Daei yang merupakan pencetak gol terbanyak di Piala Asia dalam satu edisi. Penampilan calon top skor Piala Asia 2019 ini memang cukup luar biasa.

Tak lama dari gol Almoez, pada menit ke-27 Abdulaziz Hatem membuat pendukung Jepang terdiam. Sepakan melengkung nan indah darinya berhasil kecoh kiper Jepang, Shuichi Gonda. Jepang tertinggal 0-2 hingga datang turun minum.

Masuk ke babak kedua, Jepang yang tertinggal semakin gencar membangun serangan. Pertahanan Qatar terlihat kerepotan mengawal pergerakan Ritsu Doan cs. Akhirnya, lewat skema umpan-umpan pendek, gawang Qatar kebobolan untuk pertama kalinya oleh Takumi Minamino pada menit ke-69. Skor 1-2, laga berjalan semakin seru.

Di menit 81, Qatar mendapatkan penalti dan Akram Afif berhasil mengubah skor menjadi 1-3 untuk tuan rumah Piala Dunia 2022 tersebut.

Sampai akhir laga skor ini tak berubah dan membuat Qatar jadi juara Piala Asia untuk pertama kalinya sepanjang sejarah.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?