DBAsia News

Enam Klub Liga 1 Lolos Lisensi Profesional AFC

DBasia.news –  Komite Lisensi Klub akhirnya merilis klub yang berhasil lolos verifikasi untuk mendapatkan lisensi klub profesional AFC. Komite menetapkan ada enam klub yang dinyatakan lolos.

Keenam klub tersebut adalah Arema FC, Persebaya, Persib Bandung, Persija Jakarta, Persipura Jayapura, dan PSM Makassar. Mereka dianggap telah memenuhi lima kriteria utama untuk mendapatkan lisensi klub profesional AFC, yakni sporting, infrastruktur, personel dan administrasi, legal, serta finansial.

Namun pihak komite juga menetapkan ada dua klub yang berstatus granted with sanction, yaitu Bali United dan Bhayangkara FC. Kedua klub itu masih diberikan waktu untuk memperbaiki data yang dikumpulkan hingga sebelum bergulirnya musim kompetisi AFC 2020.

Total ada 16 klub Liga 1 2019 yang mengajukan lisensi tersebut. Artinya, ada delapan klub yang dinyatakan tidak lolos. Namun komite tidak menyebutkan siapa saja klub yang gagal tersebut. Hanya saja, empat klub disebut menunjukkan pertumbuhan signifikan dalam proses lisensi kali ini dibandingkat tahun sebelumnya. Empat klub itu adalah Madura United, Persebaya, Persela Lamongan, dan PSIS Semarang.

Departemen Lisensi Klub juga masih akan terus menyosialisasikan lisensi nasional Liga 1 dan persiapan regulasi lisensi nasional di Liga 2. Termasuk perumusan aspek bisnis yang sudah mulai diterapkan di beberapa federasi negara di Asia.

Topik:
AFCliga 1

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?