DBAsia News

Nigeria Juara Tiga Piala Afrika 2019

Nigeria Juara Tiga Piala Afrika 2019

DBasia.news –  Timnas Nigeria menang tipis 1-0 melawan Tunisia dalam perebutan juara tiga Piala Afrika 2019 yang berlangsung di Al-Salam Stadium, Kamis (18/7) dini hari WIB.

Meski hanya merebutkan posisi juara tiga, masing-masing pelatih kedua tim tetap menurunkan komposisi skuat terbaiknya, Tunisia mengandalkan Wahbi Khazri sebagai pengatur serangan dalam taktik 4-3-3.

Sementara Nigeria arahan Gernot Rohr menurunkan taktik modern 4-2-3-1 dengan menurunkan pemain-pemain yang tenar di Eropa seperti: Alex Iwobi, Ahmed Musa, Samuel Chukwueze, Wilfried Ndidi, dan Kenneth Omerou. Odion Ighalo menjadi ujung tombak.

Baru tiga menit laga dimulai, Nigeria sudah langsung mencetak gol melalui gol Ighalo. Mantan striker Watford menceploskan si kulit bundar dengan memanfaatkan bola liar hasil pantulan kiper Tunisia. Ighalo mencetak gol keempat di turnamen dan menjadikannya top skor sementara saat ini.

Pertarungan berjalan ketat di antara kedua tim sepanjang laga. Tunisia hanya mendominasi penguasaan bola sebanyak 58 persen, sementara Nigeria 42 persen. Percobaan tendangan kedua tim juga tidak berbanding jauh.

Tunisia melepaskan 11 tendangan dan Nigeria 10. Bedanya, empat tendangan dari Nigeria itu tepat sasaran, sedangkan Tunisia hanya mencatatkan satu tendangan tepat sasaran. Kedua tim coba melancarkan lebih banyak serangan untuk mencetak gol.

Akan tapi, bola lebih banyak berkutat di lini tengah. Alhasil, sampai laga berakhir, Nigeria menang dengan gol tunggal dari Ighalo dan Tunisia tak mampu menjebol gawang Nigeria yang dijaga kiper berusia 20 tahun, Francis Uzoho.

Menurut catatan Soar Super Eagles di @SSE_NGA, Nigeria menjadi juara Piala Afrika untuk kali kedelapan dan ini menjadikan mereka sebagai spesialis juara tiga. Nigeria telah menjadi juara tiga untuk kedelapan kalinya pada: 1976, 1978, 1992, 2002, 2004, 2006, 2010, dan 2019.

Ironisnya, Nigeria baru tiga kali menjuarainya pada 1980, 1994, dan terakhir di tahun 2013. Nigeria tentu berharap dapat mengakhiri penantian titel Piala Afrika pada 2021 mendatang.

Finalis untuk Piala Afrika 2019 akan dimainkan di Cairo International Stadium pada Sabtu (20/7) antara Senegal kontra Aljazair. Sadio Mane kontra Riyad Mahrez.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?