DBAsia News

Newcastle United Raih Keuntungan Besar dari Bursa Transfer

Newcastle United

DBasia.news – Pada bursa transfer musim panas ini, klub-klub Premier League total mengeluarkan 1,24 miliar poundsterling. Tapi, klub mana yang paling banyak keluar uang dan siapa sebaliknya?

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Liverpool menjadi klub terboros menggelontorkan uang pada bursa transfer musim panas kali ini. Dikutip SkySports, The Reds total mengeluarkan 177 juta pound demi menggaet Alisson Becker, Naby Keita, Fabinho, dan Xherdan Shaqiri.

Di belakang Liverpool, muncul Chelsea yang melesat ke peringkat kedua usai mendapatkan kiper Kepa Arrizabalaga dari Athlitic Bilbao. Transfer yang menjadikan Kepa kiper termahal dunia sepanjang sejarah. Dengan tambahan Kepa dan Jorginho, The Blues merogoh kocek total 128,6 juta pound.

Yang mengejutkan, Fulham muncul menjadi klub ketiga dengan pengeluaran tertinggi. Mereka bahkan sempat ada di posisi kedua sebelum Chelsea sukses menggaet Kepa. Fulham tercatat mengeluarkan 105,3 juta pound yang menjadikan mereka sebagai klub promosi pertama yang membelanjakan lebih dari 100 juta pound.

 

Newcastle United


Selain Fulham, kejutan juga datang dari Leicester City dan West Ham United. Leicester mengeluarkan 104,3 juta pound pada bursa musim panas ini. Sedangkan West Ham 99 juta pound.

Pada saat klub-klub lain mengeluarkan jutaan bahkan ratusan juta pound untuk memperkuat skuat, Tottenham Hotspur justru keluarkan 0 pound alias tidak belanja sama sekali.

Pemasukan Klub

Dalam hal uang yang masuk, Leicester menjadi yang tertinggi dengan meraup 60 juta pound sepanjang bursa musim panas ini. Ini tidak lepas dari uang yang mereka terima dari hasil penjualan Riyad Mahrez ke Manchester City.

Menyusul Newcastle yang mengoleksi 43,5 juta pound hasil dari penjualan Aleksandar Mitrovic dan Mikel Merino. Pemasukan besar juga diraih Watford yang mendapatkan 40 juta usai melego Richarlison ke Everton. Sedangkan Chelsea mengantongi 39 juta pound, sebagian besar dari hasil penjualan Thibaut Courtois ke Real Madrid.

Sementara Tottenham Hotspur meski melepas tujuh pemain dikabarkan tidak menerima uang sepeserpun. Meski dua dari tujuh transfer nilainya memang tidak dipublikasikan.

 

Tottenham Hotspur


Serupa dengan Spurs, klub macam Crystal Palace, Burnley, Cardiff, dan Fulham memutuskan tidak melepas pemain pilar mereka. Alhasil mereka tidak mendapatkan pemasukan pada bursa musim panas ini.

Siapa yang meraup keuntungan terbesar pada bursa transfer musim panas ini? Dari 20 klub Premier League, hanya dua yang meraih surplus kali ini; Newcastle dan Watford. Newcastle mencatat keuntungan senilai 21 juta pound sedangkan Watford 16 juta. Dan, seperti diduga Liverpool menjadi klub dengan defisit terbesar dengan minus 164 juta pound.

Di luar itu, Chelsea tercatat menjadi klub yang paling banyak meminjamkan pemainnya. The Blues memimpin dengan 22 pemain, disusul Man City dengan 13, dan Liverpool sepuluh.

Lalu, klub mana yang paling sukses di bursa transfer kali ini? Jawabannya tentu bagaimana hasil di atas lapangan nanti.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?