DBAsia News

Minimnya Belanja Pemain Premier League di Bursa Transfer Januari 2019

Tottenham Hotspur


DBasia.news –  Meninggalkan bulan Januari dapat diartikan sebagai berakhirnya bursa transfer musim dingin. Seluruh klub kini sepenuhnya fokus menatap separuh musim 2018-19 untuk mencapai target yang dicanangkan klub.

Di Premier League, hanya Tottenham Hotspur yang tidak mendatangkan pemain baru pada Januari ini. Spurs menjadi klub Premier League pertama yang tidak membeli pemain anyar pada dua jendela transfer beruntun.

Bursa transfer musim dingin Januari ini, khususnya di Premier League, terasa senyap. Hal ini bisa dilihat dari jumlah uang yang berputar hingga bursa berakhir.

Menurut data dari Sky Sports, jumlah uang yang dikeluarkan klub-klub Premier League pada bursa musim dingin 2019 menurun hingga 140 juta pound atau 70 persen dibandingkan musim sebelumnya. Ya, pada bursa Januari 2018 lalu, klub Premier League tercatat mengeluarkan total 465 juta pound.

Penurunan juga terjadi pada jumlah uang yang masuk hasil penjualan pemain. Untuk bursa transfer musim dingin kali ini, klub Premier League hanya meraup 99 juta pound. Dibandingkan dengan periode sebelumnya yang mencapai 373 pound, penjualan pemain menurun hingga 74 persen.

Salah satu faktor yang membuat putaran uang menurun tajam adalah dominannya transaksi peminjaman pemain. Salah satu contoh terbesar adalah Chelsea yang meminjam Gonzalo Higuain dengan opsi permanen dari Juventus dan Denis Suarez yang dipinjam Arsenal dari Barcelona dengan skema serupa.

Meski mendatangkan Higuain dengan cara meminjam, Chelsea masih menjadi klub dengan pengeluaran tertinggi pada bursa kali ini. Hal ini tidak lepas dari pembelian Christian Pulisic senilai 57,6 juta pound dari Borussia Dortmund.

Di bawah Chelsea, ada Bournemouth yang di musim dingin ini mengelontorkan 31 juta pound untuk menggaet Dominic Solanke dari Liverpool dan Chris Mepham dari Brentford.

Dan, di pengujung bursa, Newcastle United mencuri perhatian dengan mengeluarkan 21 juta pound untuk mendatangkan Miguel Almiron dari Atlanta United. Ini merupakan rekor pembelian termahal Newcastle sejak 2005 saat mereka mendatangkan Michael Owen senilai 16 juta pound.

Untuk urusan menjual pemain, Manchester City menjadi pengumpul uang terbanyak. Man City mendapatkan total 33,3 juta pound dari penjualan Brahim Diaz ke Real Madrid dan Rabbi Matondo ke Schalke. Sedangkan Liverpool meraup 19 juta pound dari hasil penjualan Solanke ke Bournemouth.

Yang menarik, meski dalam dua bursa transfer musim ini sama sekali tidak belanja, pada Januari 2019 ini Tottenham Hotspur berhasil mendapatkan 9 juta pound. Dana ini adalah hasil penjualan Mousa Dembele yang hengkang ke klub China, Guangzhou R&F.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?