DBAsia News

Meskipun Kalah, Athletic Bilbao Lolos Ke Final Copa del Rey

DBasia.news –  Athletic Bilbao dipastikan lolos ke Final Copa del Rey musim 2019-20. Meskipun kalah 1-2 di kandang Granada pada leg kedua semifinal, Jumat (06/03) dini hari WIB.

Langkah Athletic Bilbao lolos ke final Copa del Rey ditentukan sembilan menit sebelum laga leg II di kandang Granada usai. Yuri Berchiche, eks pemain Paris Saint-Germain, mencetak gol yang membuat kedudukan jadi 1-2. Tanpa gol itu, Granada yang akan lolos ke partai puncak.

Kesuksesan Athletic Bilbao ini sekaligus memastikan terciptanya sebuah final langka pada ajang Copa del Rey. Itu karena mereka akan bersua sesama klub asal Basque, Real Sociedad. Kamis (05/03) dini hari WIB, Sociedad menyingkirkan tim kejutan, CD Mirandes, berkat gol tunggal dari penalti Mikel Oyarzabal. Hasil itu membuat mereka unggul agregat 3-1.

Pertemuan sesama klub asal Basque pada final ajang ini adalah sesuatu yang sangat langka. Kali terakhir hal itu terjadi pada 1927 alias 93 tahun silam! Kala itu, Real Union bersua Arenas. Hasilnya, Real Union menang 1-0 berkat gol tunggal Jose Echeveste pada menit ke-117.

Bagi Athletic Bilbao, kesuksesan lolos ke final kali ini mengakhiri penantian selama 5 musim. Pada 2014-15, mereka juga lolos ke final, tapi kalah 1-3 dari Barcelona. Sementara itu, Real Sociedad mengakhiri penantian 32 tahun. Kali terakhir mereka berlaga pada final musim 1987-88. Ketika itu, mereka dikalahkan 0-1 oleh Barcelona.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?