DBAsia News

Final Copa del Rey Musim 2019-2020 Digelar dengan Disaksikan Penonton

DBasia.news – Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) telah mengkonfirmasi bahwa pertandingan Final Copa del Rey musim 2019-20 akan berlangsung dengan adanya penonton.

Dua klub Basque untuk pertama kali bertemu di final Copa del Rey antara Athletic Bilbao dan Real Sociedad. Pada semifinal Bilbao menyingkirkan Barcelona dan Sociedad mengalahkan Real Madrid.

Laga itu sedianya direncanakan berlangsung sebelum musim 2019-20 berakhir, namun karena ada pandemi virus corona maka seluruh laga ditunda di Eropa dan juga di dunia.

Presiden RFEF Luis Rubiales telah mengadakan pertemuan dengan Jokin Aperribay (Presiden Sociedad) dan Aitor Elizegi (Presiden Bilbao) Senin (04/05) waktu setempat. Hasilnya ketiganya sepakat memainkan laga di depan penonton.

Pertandingan akan tetap berlangsung di La Cartuja, Seville, dan akan dilangsungkan dengan penonton. Ketiganya mencapai kata sepakat, tapi belum ditentukan kapan tanggal berlangsungnya kembali final tersebut, bisa pada 2020 atau 2021.

“Kedua klub ingin memainkan final dengan kedua penggemar klub yang hadir selama ini. Kami tidak bisa memikirkan yang lebih baik daripada memainkan final dengan para pendukung kami di tribun,” tutur pernyataan kedua klub tersebut.

Mengingat sejarah yang terukir di final Copa del Rey antara kedua tim, baik Bilbao dan Sociedad sama-sama sepakat menginginkan RFEF tetap memainkan tradisi lama di turnamen pada laga final.

Meski begitu ada risiko yang akan ditanggung pemenang Copa del Rey nanti, yakni kehilangan jatah langsung bermain di Liga Europa musim depan. Hal itu dikarenakan pemberitahuan dari Federasi Tertinggi Sepak Bola Eropa (UEFA).

UEFA memberi deadline tanggal 3 Agustus 2020 sebagai batas akhir final Copa del Rey dan turnamen di Eropa lainnya. Apabila dilangsungkan setelah itu maka pemenang tak mendapatkan jatah langsung bermain di kompetisi Eropa. Jatah itu akan diberikan kepada penghuni peringkat tujuh LaLiga (saat ini ditempati Valencia).

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?