DBAsia News

Maman, Bustomi, dan Hamka Hamzah Bicara Isu Pengaturan Skor di Piala AFF 2010

Hamka Hamzah

DBasia.news – Ucapana Andi Darussalam Tabusalla, mantan Manajer Timnas Indonesia, menyoal isu pengaturan skor di Piala AFF 2010 memicu sebuah narasi yang panjang.

Ia baru mengetahui adanya pengaturan skor dari kerabatnya asal Malaysia beberapa tahun setelah final Piala AFF 2010. Di mana, ada pihak dari Indonesia yang bermain dalam pengaturan skor. Nama mantan bek tengah Timnas Indonesia ketika itu, Maman Abdurrahman, disinggung Andi Darussalam.

Seperti diketahui sebelumnya, Timnas Indonesia Piala AFF 2010 diisukan terlibat pengaturan skor saat menghadapi Malaysia pada laga final. Bahkan, ada surat kaleng dengan mengatasnamakan pengirim Elie Cohen menyebut ada petinggi PSSI era Nurdin Halid ketika itu bermain pengaturan skor. Surat kaleng tersebut kabarnya dikirim ke Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono ketika itu.

Memang secara kasat mata, Timnas Indonesia dikejutkan dengan kekalahan 0-3 dari Malaysia di Stadion Bukit Jalil. Skuat Garuda pun gagal menjadi juara setelah kalah agregat 2-4. Kemenangan 2-1 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) tak dapat menolong Timnas Indonesia. Padahal sebelumnya, Timnas Indonesia menang 5-1 atas Malaysia pada babak penyisihan grup di SUGBK.

“Saya tahu betul gimana kita menjaga hotel para pemain secara ketat. Tidak boleh satupun sembarangan orang masuk. Hotel harus steril,” kata Andi Darussalam pada acara Mata Najwa “PSSI Bisa Apa? (Jilid II)”

 

Maman Abdurrahman


“Saya kini perlu membuka kasus final Piala AFF 2010. Saya mendapat info menarik soal kebenaran ada match fixing yang melibatkan Timnas Indonesia. Kawan-kawan saya di Malaysia bercerita memang ada permainan pengaturan skor.”

“Jujur saya kecewa mendengar cerita tersebut. Apalagi saya disebut terlibat di dalamnya. Cita-cita utama saya adalam membawa Indonesia juara. Saya sendiri tidak punya bukti. Tapi secara permainan saya dan kita semua bisa merasakan ada sesuatu yang salah.”

“Ambil contoh, gol pertama Malaysia. Seharusnya Maman Abdurrahman bisa mengamankan bola, namun ia cenderung menunggu membiarkan pemain Malaysia mengejar bola dan berujung gol. Saya tidak mau menyebut nama di sini, tapi saya siap buka-bukaan di institusi resmi, termasuk di depan Pak Kapolri (Jenderal Polisi Tito Karnavian),” tutupnya.

Tiga pemain Timnas Indonesia Piala AFF 2010 memberikan responsnya, termasuk Maman Abdurrahman yang namanya disebut Andi Darussalam. Dua penggawa lainnya yang memberikan respons adalah Hamka Hamzah dan Ahmad Bustomi.

“Salam Indonesia. Buat teman-teman dan saudara-saudara semua di sini, saya ingin menyampaikan sebagai bagian pemain AFF 2010, mari semua bersabar menunggu bukti-bukti yang akan diserahkan ke SATGAS KEPOLISIAN tentang indikasi penerimaan suap,” tulis Hamka lewat akun Instagram pribadinya.

“Janganlah menghujat dan berpikiran negatif dulu kepada kami skuat AFF 2010, sambil menunggu bukti yang konkret. Karena itu berdampak besar kepada kami dan keluarga besar kami semua.”

“Mari kita tunggu sama-sama kelanjutan dari SATGAS KEPOLISIAN. Kami semua mengutuk apabila ada yang menerima suap di AFF 2010, karena kami berjuang betul-betul untuk NEGARA.”

“Tapi kalau memang terbukti ada yang menerima, maka HUKUM HUKUM HUKUM akan memproses itu semua. Salam Indonesia.”

Ahmad Bustomi mendukung untuk usut tuntas kasus pengaturan skor di final Piala AFF 2010 agar tidak terjadi kesimpangsiuran soal informasi.

“Saya bukan orang yang suci tanpa dosa, tapi saya tidak akan menafkahi anak, istri saya dari barang haram secara bentuk mau pun cara mendapatkannya,” tulis Bustomi di akun Instagram pribadinya.

“AFF 2010 semua bangsa Indonesia kecewa banyak yang menangis apalagi saya sebagai pelaku di lapangan.”

“Saya sangat mendukung 1000000000 % aparat yang berwenang untuk mengusut yang katanya ada skandal besar, silakan diusut dan bongkar kalau memang ada bukti-bukti yang kuat, karena ini dampaknya kepada semua elemen tim waktu itu. Imbasnya semua jadi kena.”

“Kalau memang ada yang berkhianat dalam tim ini saya orang pertama yang mendoakan semoga Allah memberi ampunan.”

Berbeda dengan Hamka dan Bustomi, Maman Abdurrahman memberikan respons singkat lewat status Instastory Instagram pribadinya.

“Gw bukan orang bener, gw bukan orang suci. Tapi gw yakin Allah bersama orang yang sabar dan benar. Saya yakin Allah membuka semuanya,” tulis Maman.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?