DBAsia News

Liverpool Memenangi Titel Piala Dunia Antarklub 2019

DBasia.news –  Liverpool memenangi laga melawan Flamengo di final Piala Dunia Antarklub 2019 dengan skor 1-0 di Khalifa International Stadium, Minggu (22/12) dini hari WIB.

Jurgen Klopp, manajer Liverpool, menurunkan taktik 4-3-3 dengan mengandalkan Mohamed Salah, Roberto Firmino, dan Sadio Mane di lini depan. Sementara Jorge Jesus dengan taktik 4-2-3-1 di Flamengo. Gabriel Barbosa jadi ujung tombak yang ditopang Everton Ribeiro, Giorgian de Arrascaeta, Bruno Henrique.

Liverpool sedianya memulai laga dengan cepat di Khalifa International Stadium. Dalam kurun waktu enam menit pertama mereka memberikan ancaman, termasuk salah satunya dari Firmino yang melebar dari gawang Flamengo.

Akan tapi sejak peluang-peluang tersebut, Flamengo perlahan mampu mendominasi permainan dan menekan Liverpool hingga mereka hanya mengandalkan serangan balik. Secara khusus, performa Henrique menjadi momok pertahanan Liverpool.

Selepas sejumlah peluang itu tidak ada lagi peluang-peluang berbahaya yang mengancam gawang kedua tim. Tempo melambat dan permainan lebih banyak berputar di lini tengah. Alhasil, paruh pertama berakhir tanpa gol.

Di babak kedua, baik Liverpool dan Flamengo sama-sama menciptakan peluang dan berusaha mencetak gol pertama. Namun seperti halnya di paruh pertama, peluang-peluang yang tercipta urung berbuah menjadi gol.

Termasuk peluang nyata dari Firmino di kotak penalti Flamengo yang mengenai mistar gawang dan bola urung memantul ke dalam gawang. Gabriel Barbosa juga menciptakan dua-tiga peluang yang dapat diantisipasi kompatriotnya, Alisson.

Memasuki 10 menit terakhir, Klopp memasukkan Adam Lallana menggantikan Alex Oxlade-Chamberlain dan Jesus memasukkan Vitinho menggantikan Giorgian de Arrascaeta. Akan tapi gol tak juga datang.

Ketika pertandingan sudah memasuki penghujung laga babak kedua, drama tercipta ketika wasit menganulir keputusan penalti setelah meninjau dari VAR (Video Asisten Wasit). Pertandingan berakhir tanpa gol di waktu normal dan dilanjutkan ke babak tambahan dengan potensi drama adu penalti.

Papan skor akhirnya pecah di babak tambahan. Tepat di menit 100, melalui skema serangan balik yang apik, bola diberikan kepada Jordan Henderson kepada Mane yang menanti pergerakan Firmino dan memberikan bola kepadanya.

Firmino mendribel bola mengecoh lawan dan mencetak gol krusial ke gawang Flamengo. 1-0 Liverpool unggul. Flamengo coba membalas gol tersebut dan gagal melakukannya hingga waktu berakhir di babak tambahan.

Liverpool untuk kali pertama memenangi titel Piala Dunia Antarklub dan melanjutkan dominasi klub-klub Eropa di turnamen buatan FIFA tersebut.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?