DBAsia News

Lionel Messi Biang dari Kegagalan Barcelona Raih Titel Champions League

Lionel Messi

DBasia.news –  Opini menarik diutarakan oleh mantan pelatih Barcelona, Louis van Gaal. Menurutnya, dilansir dari Goal, Barcelona gagal menjadi juara Eropa (Champions League) karena Lionel Messi.

Hal ini menjadikan ​Barcelo​na terlalu tergantung dengan Messi lebih dari satu dekade terakhir. Van Gaal merasa setiap pelatih Barcelona setelah eranya selalu memanjakan Messi hingga saat ini.

“Saya percaya tidak ada yang lebih penting daripada pemain yang bisa bekerja sama dengan tim, Barca menderita karena itu. Saya rasa ​Messi harus bertanya kepada dirinya sendiri bagaimana mungkin dia tidak bisa meraih gelar Champions League dalam waktu yang lama. Lihat saja Barcelona, berapa gelar UCL yang sudah mereka raih bersama pemain yang orang-orang bilang adalah pemain terbaik di dunia? Lalu kita lihat Neymar di PSG. Sudah berapa banyak gelar UCL yang dia raih?,” kata Van Gaal panjang lebar.

“Sebagai kapten tim, Anda harus berpikir mengapa tim saya tidak memenangkan apa-apa di Eropa. Saya rasa Messi turut bertanggung jawab atas apa yang terjadi di Barcelona, dan bukan hanya kesalahan pelatih saja.”

Seperti diketahui, meskipun berhasil memenangkan La Liga di musim 2018/19, namun Messi dkk harus tersingkir dari ​Liverpool di semifinal Champions League secara dramatis. Unggul 3-0 di leg pertama membuat mereka berada di atas angin, Barcelona pun kalah 0-4 dari Liverpool di leg kedua.

Terakhir kali Barca meraih gelar Champions League terjadi pada 2014/15. Di final mereka mengalahkan Juventus dengan skor 3-1. Di musim itu juga ​Blaugrana sukses meraih Treble Winners bersama pelatih saat itu, Luis Enrique.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?