DBAsia News

Lima Calon Juara Liga Champions Musim Ini

Liga Champions

DBasia.newsKompetisi sepak bola terbesar di dunia, Liga Champions, edisi 2018-2019 akan segera bergulir. Sebanyak 32 kesebelasan terbaik di Eropa bersaing memperebutkan trofi “Si Kuping Besar”.

Klub-klub asal Spanyol mendominasi Liga Champions dalam lima musim terakhir. Trofi Liga Champions selalu berlabuh ke Real Madrid atau Barcelona.

Situasi tersebut dimanfaatkan oleh LaLiga untuk mengklaim sebagai kompetisi domestik terbaik di dunia. Maklum, klub-klub LaLiga memang rajin lolos ke final Liga Champions.

Premier League yang sempat dicap sebagai liga terbaik pun kalah pamor karena hanya mengirimkan satu wakil ke final dalam lima musim. Liverpool mewakili Premier League pada final Liga Champions musim lalu.

Sementara itu, wakil Serie A dua kali lolos ke partai puncak. Juventus tampil sebagai perwakilan Italia pada final Liga Champions 2014-2015 dan 2015-2017, namun selalu menelan kekalahan dari tim asal Spanyol.

Situasi tersebut membuat klub-klub dari kompetisi lain berusaha meruntuhkan dominasi LaLiga di Liga Champions. Beberapa di antaranya melakukan perombakan besar pada bursa transfer musim panas 2018.

Lantas, siapa saja klub yang berpeluang memenangi Liga Champions 2018-2019? Berikut ini adalah lima tim yang paling berpeluang mengangkat trofi “Si Kuping Besar”:

Manchester City

 

Pep Guardiola menjadi alasan kuat Manchester City untuk memenangi Liga Champions. Bukan tanpa alasan, Guardiola merupakan sosok di balik kesuksesan Barcelona pada masa lalu.

Sempat kesulitan beradaptasi di Premier League, Guardiola menunjukkan prestasi pada musim keduanya bersama Manchester City. Hasilnya, The Citizens memenangi Premier League musim lalu.

Pada musim ketiganya menangani Manchester City, Guardiola diprediksi bisa memenangi Liga Champions. Banyak pihak menganggap kedatangan Riyad Mahrez cukup memperkuat The Citizens.

Barcelona

 

 

Terakhir kali Barcelona memenangi Liga Champions pada musim 2014-2015. Setelah itu, rival mereka, Real Madrid, menunjukkan keperkasaan pada kompetisi tersebut.

Banyak yang menganggap Barcelona tengah berada dalam masa transisi. Tak ada lagi sosok seperti Xavi atau Andres Iniesta di lini tengah Blaugrana.

Meski begitu, Arturo Vidal dan Arthur Melo bisa menjadi pengganti kedua pemain tersebut. Selain itu, Barcelona masih memiliki Lionel Messi.

Juventus

 

Dalam sejarahnya, Juventus kerap melaju ke final Liga Champions. Sayangnya, cerita La Vecchia Signora seringkali tidak berakhir dengan manis setelah hanya meraih dua kemenangan, pada 1985 dan 1996.

Dua dekade tanpa trofi Liga Champions tentu terlalu lama untuk Juventus yang mendominasi Serie A. Perombakan besar pun mereka lakukan termasuk mendatangkan Cristiano Ronaldo dari Real Madrid.

Sepanjang bursa transfer musim panas 2018, Juventus menambah kedalaman skuat. Selain Cristiano Ronaldo, I Bianconeri juga merekrut Emre Can dan Leonardo Bonucci.

Real Madrid

 

Real Madrid berhasil membuktikan sebagai penguasa Liga Champions sepanjang dekade 2010an. Dalam lima musim terakhir, Los Blancos memenangi empat di antaranya.

Akan tetapi, Real Madrid ditinggal dua sosok penting merajai Liga Champions. Zinedine Zidane memutuskan untuk mengundurkan diri, sementara Cristiano Ronaldo pindah ke Juventus.

Beruntung Real Madrid masih memiliki pemain sekelas Gareth Bale, Luka Modric, dan Toni Kroos. Selain itu, Marco Asensio juga perlahan mulai bisa diandalkan.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?