DBAsia News

Jika Tak Lolos Liga Champions Liverpool Harus Siap dengan Dua Dampaknya

DBasia.news – Manajer Liverpool Jurgen Klopp menekankan betapa krusialnya lolos Liga Champions musim depan untuk klub. Klopp menuturkan dua dampak kepada The Reds apabila mereka tak bermain di Liga Champions.

Saat ini Liverpool yang berstatus juara bertahan Premier League ada di urutan enam klasemen dengan raihan 43 poin dari 26 pertandingan. Terpaut dua poin dari West Ham United yang ada di urutan empat.

Dua hal yang dikhawatirkan Klopp apabila Liverpool tak lolos Liga Champions adalah dampak kepada finansial dan daya tarik. Finansial klub-klub Eropa sudah terkena dampak dari pandemi virus corona.

Tak ayal apabila Liverpool tidak bermain di Liga Champions maka kondisi keuangan mereka bisa semakin terkena efeknya. Lalu daya tarik untuk merekrut nama-nama top Eropa juga akan berkurang apabila tidak bermain di dalam turnamen tersebut.

“Alasan utama lolos ke Liga Champions selalu finansial. Ini adalah kompetisi yang hebat untuk dimainkan, tetapi bagi klub ini tentang (keuangan),” tutur Jurgen Klopp dikutip dari Goal.

“Tentu Anda ingin menggairahkan beberapa pemain. Pada awalnya kami duduk dengan beberapa pemain yang mendapat tawaran dari klub yang bermain di Liga Champions dan itu seperti ‘oke, maaf, kami hanya bisa menawarkan apa-apa atau Liga Europa!’

“Tapi selain itu, ini selalu tentang keuangan. Tahun ini tidak ada perbedaan, menurut saya. Saya berharap orang-orang masih melihat kami melakukan yang terbaik dan mencoba segalanya untuk mewujudkannya, tetapi kami akan melihat bagaimana itu akan berakhir,” tambah Klopp.

Moneyball Liverpool

Sistem rekrutmen Liverpool mengadopsi dari moneyball yang sudah pernah digunakan di Amerika Serikat dalam olahraga baseball. Sistem itu adalah merekrut pemain dengan harga murah, tidak terlalu terkenal, tapi memiliki kualitas yang dibutuhkan tim.

Liverpool sempat jor-joran belanja pemain karena kebutuhan kala merekrut Virgil van Dijk dan Alisson. Akan tapi pada musim panas 2020 Liverpool tak banyak melakukan transfer pemain, hanya merekrut Adrian, Kostas Tsimikas, dan Thiago Alcantara.

Bahkan pada Januari lalu apabila Liverpool tak dilanda badai cedera di lini belakang, klub tidak akan mendatangkan pemain-pemain seperti Ben Davies (Preston North End) dan Ozan Kabak (Schalke).

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?