DBAsia News

Ighalo Dinilai Lebih Tajam Dibanding Penyerang Liverpool

DBasia.news – Manchester United dikabarkan perpanjang peminjaman Odion Ighalo. Ighalo dinilai lebih tajam dibanding trio penyerang Liverpool.

Ighalo sejatinya harus balik ke Shanghai Shenhua per 1 Juni kemarin karena kontrak peminjamannya sudah habis. Namun, karena ada pandemi virus corona, Premier League dan seluruh kompetisi di Eropa terhenti selama dua bulan lebih lebih.

MU yang membutuhkan tenaga Ighalo akhirnya meminta perpanjangan masa peminjaman, mengingat musim 2019/2020 belum selesai. Sempat terjadi tarik ulur, Ighalo akhirnya boleh lanjut berseragam MU sampai 31 Januari 2021.

Tentu saja hal ini melegakan MU mengingat mereka masih mengincar finis empat besar dan gelar di Piala FA serta Liga Europa. Tapi, dengan Marcus Rashford sudah pulih dari cedera panjang, apakah MU benar-benar membutuhkan Ighalo?

Dikutip dari Opta, Ighalo sebenarnya punya statistik bagus meski baru melakoni debutnya 17 Februari lalu. Ada total delapan penampilan dibuat Ighalo, tiga di antaranya jadi starter, dengan akumulasi waktu 319 menit.

Dari delapan penampilan itu, Ighalo membuat empat gol, sama dengan prediksi Opta jika melihat total 17 attempts yang dilepaskan, 11 di antaranya on target. Rasio konversi tembakan jadi gol Ighalo adalah 23,5 persen.

Tak cuma bikin gol, Ighalo juga lihai membuka ruang untuk rekan-rekannya dengan delapan upaya penciptaan peluang. Salah satunya berbuah assist. Lalu, bagaimana statistik Ighalo dibanding penyerang tim enam Big Six lainnya?

Sejak debut, Ighalo mencetak gol lebih banyak daripada penyerang Liverpool, Manchester City, Chelsea, Tottenham Hotspur, dan Arsenal. Total empat gol pemain Nigeria itu cuma bisa disamai rekan setimnya, Anthony Martial, dan unggul satu gol dari Pierre-Emerick Aubameyang.

Meski total tembakan yang dilepaskan Ighalo masih kalah dari Mohamed Salah yang membuat 19 attempts, tapi dia lebih presisi karena mampu melepaskan attempts on target lebih banyak dengan rasio konversi tembakan lebih baik.

Bahkan angka 23,5 persen itu jauh di atas trio penyerang Liverpool, Salah (10,53 persen), Sadio Mane (13,33 persen), dan Roberto Firmino (7,4 persen) serta duo penyerang City, Gabriel Jesus (15,38 persen) dan Sergio Aguero (13,33 persen). Rasio konversi tembakan jadi gol terbaik milik Aubameyang dengan 42,86 persen.

Bahkan Ighalo membuat peluang lebih banyak ketimbang Aguero, Mane, Firmino, dan Mason Greenwood yang cuma punya empat. Delapan percobaan yang dibuat Ighalo hanya kalah dari Jesus (10) dan Salah (9).

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?