DBAsia News

Enam Faktor Penyebab Kesulitan Pada Masa Transisi Atletico Madrid

DBasia.news –  Sebelum nya, Atletico Madrid terpaksa harus menelan kekalahan 0-1 dari Barcelona yang berada di kandang sendiri. Hasil ini membuat Atletico menduduki peringkat keenam klasemen sementara pada LaLiga.

Jelang musim ini bergulir, pelatih Atletico Diego Simeone sudah mewanti-wanti kalau timnya sedang dalam masa transisi. Simeone bahkan masih meminta waktu untuk menjalankan proses transisi ini usai laga melawan Barcelona.

“Tim sudah memberikan segalanya. Mereka sudah menjalankan yang diminta pelatih,” ujar Simeone dikutip Marca.

“Perubahan akan datang. Semua pihak harus bersabar dan memahami jika kami ada dalam masa transisi.”

“Saya termasuk yang tidak sabaran. Tapi harus dimengerti kami saat ini sedang dalam proses perubahan. Kami butuh waktu untuk berkembang,” lanjut Simeone.

Dalam tiap proses transisi, tentu saja muncul beberapa kendala harus diatasi. Berikut enam faktor yang masih menjadi ganjalan di masa transisi Atletico.

1. Gol Antoine Griezmann

Musim ini Atleti cuma bisa membuat 22 gol dari 20 pertandingan. Catatan itu mencerminkan mereka sangat kehilangan Griezmann. Hal ini sangat wajar karena selama lima tahun bersama Atletico, Griezmann menjadi pencetak gol terbanyak kelima klub. Kini sosok andalan itu sudah tidak dimiliki Atletico.

2. Adaptasi Joao Felix

Tidak sedikit yang percaya, suatu saat nanti Joao Felix akan bisa meraih penghargaan Ballon d’Or. Namun yang pasti dia saat ini masih membutuhkan waktu untuk menjadi bintang sesungguhnya.

Di usia yang masih sangat muda, Joao Felix menanggung beban harga 127 juta euro yang dibayarkan Atletico. Minim pengalaman dan beban itu masih menjadi ujian yang harus diatasinya.

3. Performa Diego Costa

Striker yang pernah membela Chelsea itu musim ini kesulitan menciptakan gol. Meski begitu Diego Costa masih mendapatkan kepercayaan dari Simeone. Sang pelatih harus menemukan cara mengembalikan produktivitas sang striker.

4. Lini Belakang Baru

Saat ini lini belakang Atletico dihuni para pemain baru macam Kieran Trippier, Felipe Monteiro, Mario Hermoso, dan Renan Lodi. Tentu saja mereka memerlukan waktu untuk menjadi solid.

5. Gaya Permainan Baru

Dengan banyaknya pilar yang hengkang, Diego Simeone harus mencoba gaya baru. Sebelumnya Atletico dikenal sebagai tim yang kokoh dan sulit ditaklukkan. Saat ini Simeone mencoba pendekatan lain, yang hingga saat ini belum terlihat hasilnya.

6. Kehilangan Karakter

Berhubungan dengan poin kelima, hal itu bisa terjadi karena Atletico seperti kehilangan karakter sepeninggal pemain pilar seperti Diego Godin, Gabi Fernandez, Fernando Torres, Thiago Mendes, Raul Garcia, dan Antoine Griezmann. Saat ini Atletico belum menemukan sosok yang bisa jadi pemimpin di atas lapangan.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?