DBAsia News

Buka-bukaan, Kapten Watford Sebut Tiap Tim Sepak Bola Punya Pemain Gay

Kapten Watford, Troy Deeney, mengakui bahwa setiam tim sepak bola, terutama di Liga Inggris, memiliki setidaknya satu pemain dengan orientasi seksual yang menyimpang atau gay.

Mantan penyerang Norwich, Justin Fashanu, menjadi satu-satunya pemain sepak bola yang secara terbuka mengakui sebagai gay dalam sejarah sepak bola Inggris.

Deeney percaya, masih banyak pemain yang menyimpan jati dirinya sebagai gay. Namun, para pemain tersebut khawatir dengan stigma yang akan dilabeli.

“Saya akan mengatakan mungkin ada satu atau dua orang gay pada setiap tim sepak bola. Mereka di sana, mereka 100 persen ada di sana,” ulas Deeney seperti dilaporkan BBC.

“Saya pikir orang yang gay atau dari komunitas tersebut pasti sangat khawatir karena harus memikul tanggung jawab menjadi yang pertama. Saya pikir, ketika yang pertama buka suara, akan ada banyak yang mengikuti.”

Deeney merasa, ketika ada pemain sepak bola yang secara terbuka menyatakan sebagai gay, pemain lain yang selama ini menutup pintu akan buka suara. Deeney memprediksi setidaknya akan ada 100 pemain pada pekan pertama.

“Saya pikir, sekarang ada tempat yang lebih besar dari sebelumnya untuk menjadi atlet gay.”

Pada 2019, pesepak bola Australia, Andy Brennan, mengutarakan ke publik bahwa ia gay. Setelah pengumuman tersebut, Brennan menjadi lebih fokus bermain sepak bola tanpa harus menyembunyikan orientasi seksualnya.

“Enam bulan lalu saya sering memikirkannya, berusaha menyembunyikan, dan menyingkirkan karena saya pikir itu akan dirasakan banyak orang,” terang Brennan kepada Herald Sun.

“Anda harus menyadari siapa diri Anda dan harus menjadi diri sendiri – apakah Anda gay atau apa pun, siapa pun Anda,” papar sang pemain.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?