DBAsia News

Alasan Virgil van Dijk Tolak Chelsea dan Man City demi Liverpool

DBasia.news – Palang pintu Liverpool asal Belanda, Virgil van Dijk, menjelaskan alasannya memilih bergabung bersama tim arahan Juergen Klopp ketimbang Chelsea dan Manchester City.

Liverpool menjadikan Van Dijk bek termahal dunia ketika merekrutnya dari Southampton pada Januari 2018 sebesar 75 juta poundsterling. Uang besar yang dikeluarkan Liverpooltidak sia-sia: Van Dijk menjadi bek andalan tim.

Kualitas dan jiwa kepemimpinannya memperkokoh barisan pertahanan Liverpool hingga mereka juara Liga Champions, Piala Super Eropa, Piala Dunia Antarklub, dan sudah sangat dekat mengakhiri penantian titel Premier League selama 30 tahun.

Van Dijk juga sempat menjadi nominasi pemenang Ballon d’Or 2019 dan menduduki tempat kedua di bawah Lionel Messi. Performa hebatnya itu mendapatkan apresiasi dan pengakuan dari dua legenda Italia yang berposisi sebagai bek, Fabio Cannavaro dan Franco Baresi.

Ketika masih membela Southampton Van Dijk ditaksir oleh banyak klub Eropa dan City salah satunya. Namun pada akhirnya mantan bek Celtic memilih Liverpool besutan Jurgen Klopp dan ia menuturkan alasannya.

“Sebelum saya membuat keputusan untuk memilih Liverpool, saya melihat semua aspek klub-klub (yang memberikan penawaran): cara bermain, rekan satu tim, masa depan juga,” ungkap Van Dijk kepada BT Sport.

“Kota ini, para penggemar semuanya harus menjadi bagian besar dari (alasan Van Dijk) bergabung dengan klub.”

“Saya pikir Liverpool pada waktu itu ketika saya membuat keputusan adalah keputusan yang tepat dan jelas untuk mencapai final Liga Champions dalam enam bulan pertama saya jelas merupakan bonus besar dan banyak membantu saya dalam perkembangan saya,” terang dia.

Van Dijk (28 tahun) telah tampil 113 kali di seluruh kompetisi – 81 kali di Premier League. Klopp kerapkali menduetkannya dengan Joel Matip atau Joe Gomez di jantung pertahanan, sementara Dejan Lovren menjadi opsi ketiga tandemnya.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?