DBAsia News

AC Milan, Napoli, dan Juventus Hadapi Persaingan Sengit Demi Zona Liga Champions

DBasia.news – Apa yang terjadi di Serie A menjelang akhir musim 2020-2021 sedianya tak jauh berbeda dengan Premier League: juara sudah ditentukan dan persaingan merebutkan zona Liga Champions berlangsung sengit.

Apabila di Premier League ada Leicester City, Chelsea, dan Liverpool yang merebutkan dua tiket tersisa, maka di Serie A ada Napoli, Juventus, dan AC Milan yang merebutkannya dan Serie A menyisakan satu laga terakhir.

Inter Milan sudah pasti lolos di urutan satu begitu juga Atalanta yang tak bisa finish di bawah urutan empat. Posisi dari tiga hingga lima saat ini adalah Napoli (76 poin), AC Milan (76 poin), dan Juventus (75 poin).

Pekan terakhir Serie A 2020-2021 semakin sengit karena dibanding Milan yang bertemu lawan sulit, Juventus dan Napoli menghadapi pertandingan melawan tim-tim yang tak lagi punya target khusus.

Pada laga pamungkas nanti (yang berlangsung serentak pada 23 Mei) ada kans segalanya ditentukan dari rekor head to head, tetapi ada kemungkinan juga semua tim finish dengan raihan 76 poin. Itu bisa memicu classifica avulsa atau mini liga dari hasil-hasil yang diraih dari pertemuan tiga tim itu.

Napoli (76 poin)

Napoli arahan Gennaro Gattuso akan menjamu Hellas Verona di San Paolo. Verona sudah nyaman di papan tengah klasemen dan tak punya target khusus, tetapi bermain tanpa beban itu juga selayaknya diwaspadai napoli.

Tugas Napoli sederhana untuk memastikan tempat di empat besar: memenangi pertandingan kontra Verona. Itu sudah menjamin tempat mereka di sana.

Napoli punya rekor head to head dan juga sama dengan Juventus. Apabila nantinya rekor head to head itu sama maka semua akan dilihat dari keseluruhan selisih gol. Napoli jauh unggul dengan +45 berbanding +36.

Milan (76 poin)

AC Milan akan bermain di markas Atalanta yang saat ini ada di urutan dua klasemen dan meraih 78 poin. Apabila Il Rossoneri asuhan Stefano Pioli menang maka mereka sudah langsung mendapatkan tempat di zona Liga Champions plus duduk di urutan dua klasemen.

Menyoal rekor head to head tak ada yang perlu dikhawatirkan dari Milan sebab mereka superior ketimbang Napoli dan Juventus.

Juventus (75 poin)

Dibanding Napoli dan Milan yang menentukan nasib mereka sendiri, Juventus tak demikian kala bermain di markas Bologna. Menang saja tak cukup bagi Il Bianconeri yang sebelumnya memenangi Scudetto sembilan kali beruntun untuk mengamankan empat besar.

Selain menang Juventus juga berharap Milan atau Napoli gagal meraih poin penuh atas lawannya. Alternatif lainnya adalah Juve imbang lawan Bologna tetap bisa lolos selama Milan dan Napoli menelan kekalahan.

Apabila itu terjadi maka perolehan ketiga klub akan sama 76 poin dan classifica avulsa terjadi. Dalam mini liga itu Milan dan Juventus diuntungkan dari selisih gol dan Napoli bisa ke urutan lima klasemen.

Itu karena Milan punya selisih gol +2 sementara Juve dan Napoli punya selisih gol -1. Juve diuntungkan karena mereka mencetak lima gol dan Napoli hanya mencetak empat gol di mini liga tersebut.

Catatan Head to Head

Milan

Milan 1-3 Juventus

Juventus 0-3 Milan

Napoli 1-3 Milan

Milan 0-1 Napoli

Napoli

Napoli 1-3 Milan

Milan 0-1 Napoli

Napoli 1-0 Juventus

Juventus 2-1 Napoli

Juventus

Milan 1-3 Juventus

Juventus 0-3 Milan

Napoli 1-0 Juventus

Juventus 2-1 Napoli

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?