DBAsia News

Tiga Pemain Australia U-16 yang Jadi Ancaman

Timnas Australia U-16

DBasia.news – Piala Asia U-16 2018 tengah memasuki babak perempat final. Timnas Indonesia U-16 menjadi satu-satunya wakil Asia Tenggara yang masih tersisa hingga babak perempat final.

Timnas Indonesia U-16 akan melakoni laga perempat final Piala Asia U-16 2018 dengan menghadapi Australia di Stadion Nasional Bukit Jalil, Malaysia, Senin (1/10).

Indonesia berjumpa Australia setelah menyandang status juara Grup C. Di fase grup, Indonesia mencatatkan satu kemenangan dan dua hasil seri. Kemenangan diperoleh atas Iran 2-0 sebelum bermain imbang 1-1 kontra Vietnam dan 0-0 melawan India.

Adapun Australia melaju setelah menjadi runner-up Grup D. Joeys, julukkan Timnas Australia U-16 mengawali kiprah dengan buruk lewat kekalahan 0-3 dari Korea Selatan sebelum menang 2-1 atas Irak dan 4-0 atas Afghanistan.

Laga ini diperkirakan tak akan mudah dijalani skuat Garuda asuhan Fakhri Husaini. Mengingat Australia punya beberapa keunggulan, salah satunya dari postur tubuh.

Tim asuhan Fakhri Husaini punya catatan kurang baik ketika bertemu Australia. Saat fase grup Piala AFF U-15 2017, Indonesia dikalahkan 3-7.

Sembilan pemain Australia ketika mengalahkan Indonesia masih bertahan di Timnas U-16. Salah satunya adalah Noah Vinko Botic, yang mencetak dua dari tujuh gol Australia.

Delapan pemain lain adalah Jaiden Kai, Ryan Graman Teague, Birkan Kirdar, Luke Duzel, Joshua Varga, Adam Jeremy Pavlesic, Lachlan James Sepping, dan Oliver Kalac.

Berbekal laga sebelumnya, setidaknya ada tiga pemain Australia yang berpotensi menjadi ancaman Timnas Indonesia U-16 di partai perebutan tiket semifinal sekaligus Piala Dunia U-17 2019 di Peru. Siapa saja?

Noah Vinko Botic

 

Rockdale City kembali menunjukkan ketajamannya di Piala Asia U-16. Sejauh ini, ia sudah mencetak tiga gol untuk Australia.

Gol pertama dibuat ketika Australia mengalahkan Irak 2-1. Sementara satu gol lain dibuat Luke Duzel.

Adapun dua gol lain dibuat ketika Australia menggulung Afghanistan 4-0 di laga terakhir Grup D. Dua lain disumbangkan Joseph John Roddy.

Noah Vinko Botic punya insting yang bagus, termasuk di dalam kotak. Ia kerap memaksimalkan umpan dari sisi samping atau bola lambung.

Joseph John Roddy

Striker Sydney FC sebetulnya bukanlah pilihan utama. Dalam dua laga awal, ia diturunkan sebagai pemain pengganti.

Ia baru dipercaya Trevor Morgan tampil sejak menit awal dalam laga ketiga melawan Afghanistan. Dua gol dibuatnya untuk membayar kepercayaan.

Sama hal dengan Noah Botic, Joseph John Roddy punya penyelesaian bagus di depan gawang. Ia pun kemungkinan akan mendapat kepercayaan lagi melawan Indonesia.

Tristan Shane Hammond

Tristan Hammond merupakan satu-satunya pemain Australia yang kini berkiprah di luar negeri. Saat ini, ia tercatat sebagai pemain di klub ternama Portugal Sporting Lisbon.

Tristan Hammond punya peran bagus di tim Joeys. Sebagai pemain di sektor sayap, ia kerap melakukan tusukan untuk membuka peluang Timnas Australia.

Umpan-umpannya kerap terukur dan salah satunya berakhir menjadi gol yang dicetak oleh Joseph John Roddy dalam laga melawan Afghanistan.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?