DBAsia News

Tiga Kandidat Pemain Terbaik Eropa 2018

Lionel Messi

DBasia.news – UEFA selaku Federasi Sepak Bola Eropa telah mengumumkan tiga kandidat teratas peraih penghargaan Pemain Terbaik Eropa 2018. Uniknya, dari ketiga nama tersebut, tidak ada pemenang lima Ballon d’Or asal Argentina, Lionel Messi.

Sebagaimana dilansir laman resmi UEFA, ketiga kandidat itu adalah Mohamed Salah, Cristiano Ronaldo, dan Luka Modric. Masing-masing mewakili Liverpool, Juventus, dan Real Madrid (meski faktanya Ronaldo terpilih jadi kandidat atas catatan gemilangnya musim lalu dengan Madrid).

Tidak adanya nama Messi sedianya tidak aneh, karena musim lalu La Pulga tidak mampu membawa Barcelona bertahan lama di Liga Champions dan juga tidak mampu mengantarkan Argentina melewati fase 16 besar Piala Dunia 2018. Messi hanya menjuarai La Liga dan Copa del Rey dengan Barcelona.

Sementara Ronaldo dan Modric sukses mengantarkan Madrid menjuarai titel Liga Champions untuk ketiga kalinya beruntun – titel Liga Champions ke-13. Ronaldo menjadi top skor Liga Champions untuk keenam kalinya dan memenanginya sebanyak lima kali (plus satu bersama Manchester United).

 

Luka Modric, Cristiano Ronaldo, dan Mohamed Salah


Pun demikian dengan Modric. Gelandang berusia 32 tahun juga membawa timnas Kroasia mencatatkan sejarah untuk kali pertama lolos ke final Piala Dunia 2018. Sedangkan untuk Salah, penyerang sayap asal Mesir membawa The Reds lolos ke final Liga Champions sejak terakhir melakukannya pada 2007. Di musim pertamanya sejak pindah dari Roma, Salah juga memecahkan banyak rekor di Liverpool.

Pengumuman Pemain Terbaik Eropa 2018 akan berlangsung di Monaco pada 30 Agustus 2018. Di bawah Modric, Salah, dan Ronaldo, pemain lainnya yang menempati 10 besar adalah: Antoine Griezmann, Messi, Kylian Mbappe, Kevin De Bruyne, Raphael Varane, Eden Hazard, dan Sergio Ramos.

Selain pengumuman Pemain Terbaik Eropa 2018, ada kategori lainnya yang juga diperebutkan kandidat-kandidatnya. Apa saja kategori tersebut?

 

Alisson Becker


Kiper Terbaik: Alisson Becker, Gianluigi Buffon, Keylor Navas

Bek Terbaik: Marcelo, Sergio Ramos, Raphael Varane

Gelandang Terbaik: Kevin De Bruyne, Toni Kroos, Luka Modri?

Penyerang Terbaik: Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, Mohamed Salah

Pemain Putri Terbaik Eropa: Pernille Harder, Ada Hegerberg, Amandine HenryUEFA

Pemain Terbaik Piala Eropa: Diego Godín, Antoine Griezmann, Dimitri Payet

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?