DBAsia News

Tekuk Yordania, Vietnam Ukir Sejarah Baru Lolos ke Perempat Final Piala Asia 2019

Timnas Vietnam

DBasia.news – Juara Piala AFF 2018, timnas Vietnam, berhasil lolos ke delapan besar Piala Asia 2019 usai mengalahkan Yordania di 16 besar dengan skor 4-2 via drama adu penalti, setelah di waktu normal kedudukan berakhir imbang 1-1, Minggu (20/1) malam WIB.

Bukan hanya memastikan diri sebagai tim pertama yang melaju ke perempat final, Golden Dragons – julukan Vietnam – juga menorehkan sejarah baru lolos ke delapan besar untuk kali pertama di Piala Asia. Rekor yang fantastis untuk juara Piala AFF 2018.

Tim asuhan Park Hang-seo sedianya sempat tertinggal melalui gol indah yang diciptakan Baha Abdel-Rahman di menit 39. Abdel-Rahman mencetak gol dari tendangan bebas yang tidak dapat diantisipasi Dang Van Lam, kiper Vietnam. Paruh pertama berakhir 1-0 untuk keunggulan Yordania.

Akan tapi Vietnam tidak menyerah. Dengan tipikal bermain mereka yang gigih, tidak kenal menyerah, dan gigih, Vietnam menggila di babak kedua dan unggul penguasaan bola 59 berbanding 41 persen Yordania.

Penampilan hebat mereka sampai mengundang pujian oleh netizen di sosial media. @Kelvinleong29 berkata

“Bagi Vietnam menyamakan kedudukan satu hal berbeda. Bagi mereka tampil sebagai salah satu tim paling impresif di turnamen adalah hal berbeda lainnya. Tim dan pelatih yang hebat. Piala Asia merupakan level tertinggi turnamen di Asia.”

Operan bola-bola pendek yang diperagakan Vietnam merepotkan pertahanan Yordania, sampai akhirnya gol tercipta di menit 51. Nguyen Cong Phuong, striker Vietnam, menyambar umpan silang dari Nguyen Trong Hoang dan mengonversinya jadi gol. 1-1 kedudukan kedua tim.

Selepas gol itu, Vietnam masih gigih mencetak gol kedua untuk ‘membunuh’ laga. Namun, penyelesaian akhir yang buru-buru menyiakan peluang-peluang tersebut.

Sementara Yordania hanya spontanitas menyerang dari permainan bola lambung dan serangan balik – tidak ada niatan mencetak gol. Kedudukan imbang tersebut bertahan sampai waktu normal, plus babak tambahan berakhir.

Drama sesungguhnya baru terjadi di adu penalti. Pemain Yordania, Baha Seif, gagal mencetak gol karena tendangannya mengenai mistar gawang. Pun demikian tendangan Ahmed Saleh yang ditangkap Van Lam.

Pemain Vietnam, Tran Minh Vuong, juga gagal mencetak gol karena bola sepakannya terlalu lemah dan ditepis Amer Shafi. Namun, hanya dia yang gagal mencetak gol dan empat eksekutor lainnya menjalankan tugas dengan baik.

Vietnam menang 4-2 dari drama adu penalti dan lolos ke perempat final Piala Asia untuk kali pertama. Vietnam akan menanti pemenang laga antara Jepang dan Arab Saudi di perempat final yang berlangsung di Stadion Al Maktoum, Kamis (24/1).

Susunan Pemain:

Yordania (4-2-3-1): Amer Shafi; Salem Al-Ajalin, Tareq Khattab, Anas Bani Yaseen, Feras Shilbaya; Khalil Bani Ateyah, Baha Abdel-Rahman, Yasen Bakheet, Saeed Al-Murjan, Mousa Suleiman; Yousef Rawshdeh

Pelatih: Vital Borkelmans

Vietnam (5-4-1): Dang Van Lam; Doan Van Hau, Bui Tien Dung, Que Ngoc Hai, Do Duy Manh, Nguyen Trong Hoang; Phan Van Duc, Nguyen Huy Hung, Do Hung Dung, Nguyen Quang Hai; Nguyen Cong Phuong

Pelatih: Park Hang-seo

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?