DBAsia News

Tekuk Deportivo Alaves, Barcelona Kokoh di Puncak Klasemen LaLiga

DBasia.news –  FC Barcelona menang telak 4-1 atas Deportivo Alaves dalam lanjutan laga LaLiga di Camp Nou. Keempat gol Blaugrana dicetak Antoine Griezmann, Arturo Vidal, Lionel Messi, dan penalti Luis Suarez. Gol Pere Pons menjadi hiburan untuk Alaves.

Barcelona yang mengejar kemenangan setelah dalam dua laga sebelumnya selalu imbang melakukan empat perubahan dari tim yang tampil dalam El Clasico. Ernesto Valverde mencadangkan Nelson Semedo, Clement Lenglet, Ivan Rakitic, dan Frengkie De Jong. Pada laga ini Valverde memberi kesempatan kepada Samuel Umtiti, Arturo Vidal, Sergio Busquets, dan Carles Alena.

Sejak awal laga, Barcelona langsung mengambil kendali permainan. Para pemain Barcelona leluasa memainkan bola sementara lawan hanya menunggu.

Saat laga baru berjalan enam menit, tuan rumah sudah mendapatkan peluang lewat Arturo Vidal. Sayang bola hasil sepakan salto Vidal usai menerima umpan Lionel Messi masih dibendung kiper Alaves Fernando Pacheco menggunakan kakinya.

Barcelona makin mendominasi dengan pengusaan bola yang nyaris mencapai 90 persen. Barcelona memecah kebuntuan pada menit ke-14 setelah bola sepakan Antoine Griezmann menjebol gawang Alaves.

Gol Griezmann berawal dari kerja sama Vidal dengan Luis Suarez yang mengirim umpan silang mendatar dari sisi kanan. Griezmann sembari berlari melepaskan tembakan deras yang tidak kuasa dibendung Fernando Pacheco. Barca unggul 1-0.

Alaves mulai mencoba menganggu dominasi Barcelona dan sukses memangkas penguasaan bola Barcelona menjadi 75 persen saat laga berjalan 30 menit.

Meski banyak menguasai bola, Barcelona terkesan sulit menghadirkan bola ke area berbahaya. Terbukti gol Griezmann adalah satu-satunya tembakan yang dilepaskan Barcelona ke gawang Alaves.

Di pengujung babak pertama, Barcelona menggandakan keunggulan. Lagi-lagi gol lahir dari assist Luis Suarez. Kali ini sodoran Suarez disambar Vidal dengan sepakan derasnya. Bola meluncur tanpa bisa dihadang Pacheco. Skor 2-0 untuk keunggulan Barcelona bertahan hingga jeda.

Di babak kedua, Barcelona kembali langsung memegang kontrol permainan dan memaksa Alaves berkumpul di area sendiri.

Pada menit ke-50 Griezmann berhasil memasukkan bola ke dalam gawang Alavez setelah menerima umpan cungkil Messi. Namun gol tidak disahkan karena Griezmann dalam posisi offside.

Selang lima menit kemudian publik Camp Nou terkejut setelah Pere Pons menjebol gawang Barcelona lewat tandukannya usai menyambut umpan silang Ruben Duarte. Alaves menipiskan skor menjadi 2-1.

Barcelona kembali menjauh setelah lewat aksinya Lionel Messi membobol gawang Alaves pada menit 69. Setelah melewati beberapa pemain, Messi melepaskan sepakan. Bola meluncur ke pojok kiri atas, Barcelona unggul 3-1.

Pada menit 73 setelah melihat VAR, Barcelona mendapatkan tendangan penalti yang secara sempurna dieksekusi Suarez. Skor menjadi 4-1. Suarez menjadi bintang pada laga ini dengan mencatat tiga assist dan sebuah gol.

Meski kedua kubu berusaha mencetak gol tambahan, skor 4-1 tidak berubah hingga laga usai. Hasil ini membawa Barcelona sementara naik ke puncak klasemen LaLiga dengan raihan 39 poin dari 18 laga. Barcelona unggul tiga angka dari Real Madrid di peringkat kedua yang baru melakoni 17 laga.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?