DBAsia News

Respons Andy Styo terkait Piala AFF 2020 yang Ditunda

DBasia.news – Bek TIRA-Persikabo, Andy Setyo Nugroho, ikut angkat bicara terkait dengan kabar penundaan Piala AFF 2020. Menurut Andy ini keputusan terbaik yang diambil oleh AFF. Andy saat ini menjalani pemusatan latihan atau training centre (TC) bersama Timnas Indonesia.

Sejatinya ajang bergengsi sepak bola ASEAN ini digelar pada November-Desember 2020. Akan tetapi, karena asalan pandemi Virus Corona (COVID-19) yang masih tinggi, akhirnya ajang dua tahunan tersebut ditunda dan rencananya akan digelar kembali pada April 2021 mendatang.

Andy mengatakan, penundaan ini tak lepas dari situasi dan kondisi di berbagai negara lain yang masih rawan paparan COVID-19. Menurutnya, keputusan AFF itu harus dapat dimaklumi mengingat menyangkut urusan kesehatan dan keselamatan banyak pihak.

“Memang kondisi saat ini belum 100 persen terbebas dari virus corona. Malah di beberapa negara ASEAN yang tadinya tidak ada penyebaran virus corona, sekarang baru mengumumkan adanya kasus positif. Jadi semua pihak memang harus memaklumi penundaan Piala AFF ini,” kata Andy.

Meski mengalami penundaan, pemain yang juga berprofesi sebagai Tentara Nasional Indonesia (TNI) itu mengaku akan tetap fokus berlatih untuk bisa mendapatkan satu tempat di Timnas Indonesia asuhan manajer pelatih Shin Tae-yong.

“Sebagai pemain, meski Piala AFF ditunda, tentu harus tetap berlatih dengan serius agar nanti kalau ada perubahan, saya sudah siap,” jelas pemain yang memberikan gelar medali perak untuk Indonesia pada gelaran SEA Games 2019, di Filipina lalu. Saat ini Timnas Indonesia melakukan pemusatan latihan, sejak 23 Juli 2020 lalu. Timnas Indonesia berencana menggelar latihan perdana mereka pada Sabtu (1/8), namun karena hasil swab test ketiga belum keluar sehingga harus ditunda.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?