DBAsia News

Presiden FIFA Sindir Kepemilikan Stadion di Italia yang Kalah dari Gabon

Presiden FIFA: Italia Tertinggal Jauh dari Gabon soal Stadion


DBasia.news –  Stadion sangatlah penting sebagai nadi atau urat syaraf klub sepak bola karena menjadi sumber utama pendapatan melalui penjualan tiket dan merchandise. Selain itu, stadion sepak bola juga mempertemukan fans dengan pemain-pemain klub.

Uniknya, di Italia saat ini, hanya ada dua klub yang memiliki stadionnya sendiri, yakni Juventus dan Udinese. Fakta itu cukup unik untuk negara maju dan punya passion sepak bola yang besar di Eropa.

Klub-klub lain tampak tidak belajar dari Juventus bagaimana besarnya perbedaan memiliki stadion sendiri, dibanding stadion sewaan dari pemerintah daerah setempat. Bianconeri sepenuhnya memiliki pendapatan dari penjualan tiket masuk, merchandise, dan lainnya di Allianz Stadium.

Presiden FIFA, Gianni Infantino, sampai dibuat heran dengan fakta unik tersebut. Bahkan, Infantino menyebutkan secara blak-blakan bahwa Italia tertinggal jauh dari negara Afrika, Gabon.

“Italia saat ini tertinggal dari Gabon ketika itu kaitannya dengan stadion. Sungguh luar biasa hanya Udinese dan Juventus yang memiliki stadion sendiri,” sindir Infantino kala berbicara di Kongres Eksekutif FIFA, diberitakan Calciomercato.

“Situasi dengan stadion-stadion di Italia benar-benar tidak logis. Ini negara yang punya passion dan budaya sepak bola yang sangat hebat. Tapi, saat ini Italia masih tertinggal dari Gabon, yang mengorganisir Piala Afrika baru ini, ketika itu urusannya soal stadion.”

“Sungguh hebat melihat hanya Udinese dan Juventus yang punya stadion sendiri. Stadion bukan hanya tempat untuk menyaksikan pertandingan sepak bola, tapi di atas segalanya juga sebuah investasi,” tegas Infantino.

Sekedar perbandingan singkat, timnas Italia saat ini ada di peringkat 18 rangking FIFA dan Gabon di urutan 85. Jadi, cukup unik memang jika Gabon lebih maju dari segi stadion yang dimiliki klub-klub di sana.

Beberapa klub Italia sedianya sudah punya rencana membangun stadion sendiri. Akan tapi, ada saja permasalahan yang mereka alami. Seperti halnya AS Roma yang kesulitan mengembangkan proyek Stadion Della Roma karena ditentang otoritas setempat.

Napoli, Lazio, dan Fiorentina, juga beberapa contoh klub lainnya yang harus menahan hasrat membangun stadion baru karena permasalahan yang mereka alami selama sedekade terakhir.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?