DBAsia News

Pesan Menpora untuk Shin Tae-yong

DBasia.news –  Pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong segera melatih Timnas Indonesia.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, sudah memberikan pesan khusus kepada federasi. Ia berpesan siapapun yang menjadi pelatih Timnas Indonesia, pelatih tersebut harus mengenal betul kultur sepak bola yang ada di Indonesia.

Zainudin Amali juga mengatakan sampai dengan saat ini PSSI memang belum memberikan nama pelatih kepadanya. Ia menambahkan mungkin satu atau dua hari ke depan PSSI akan mengumumkan nama pelatih tersebut.

“Saya belum tahu, ya, saya belum tahu. Tunggulah dalam satu-dua hari ke depan PSSI akan mengumumkan. Kan ada dua kandidat. Tapi, tolong jangan salah kutip. Jika, seandainya, PSSI menetapkan Shin (sebagai pelatih) pemerintah akan mendukung. Seandainya, itu pilihannya, lho, ya,” kata Zainudin.

Zainudin Amali memahami, jika pilihan PSSI berbeda dengan para suporter nantinya mereka harus memberikan pengertian kepada para suporter. Sejauh ini masyarakat lebih condong memilih Luis Milla.

Bukan tanpa soal, Milla dianggap memiliki warna baru dalam sepak bola nasional. Selama dua tahun menukangi Timnas Indonesia U-23 pada 2017 hingga 2018 lalu, sosok Spanyol dianggap paham kultur sepak bola Indonesia.

“(Untuk itu) Masyarakat Indonesia juga harus diberi pengertian. Jangan sampai ketika, ini seandainya lagi, ya, Shin jadi pelatih, dia keras terhadap pemain (karena tipe pelatih Korea Selatan itu keras) di media sosial malah diusir, karena dia orang asing, diusir, kan biasanya begitu, kan? Jadi tidak boleh lagi begitu,” Zainduin Amali menjelaskan.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?