DBAsia News

Shin Tae-yong Dijamin Tak Terganjal Permenkumham

 DBasia.news – Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan, memberikan respons terkait surat yang dikirim manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.


“Iya saat ini PSSI menunggu Shin Tae-yong untuk kembali ke Indonesia bertemu dengan kami. Saat ini kami terus berkoordinasi dengan Shin Tae-yong untuk jadwal ke Indonesia. Visa dan kitas nya dia pun sudah ada,” kata Mochamad Iriawan, dikutip dari laman PSSI.

Terkait aturan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) yang mengeluarkan peraturan Nomor 11 Tahun 2020 tentang Larangan Warga Asing Datang ke Indonesia, Iriawan mengatakan tidak ada masalah. Warga negera asing yang diperbolehkan datang ke Indonesia di tengah Pandemi COVID-19 ini ialah:

a. Orang Asing pemegang Izin Tinggal Terbatas dan Izin Tinggal Tetap;
b. Orang Asing pemegang Visa Diplomatik dan Visa Dinas;
c. Orang Asing pemegang Izin Tinggal Diplomatik dan Izin Tinggal Dinas;
d. Tenaga bantuan dan dukungan medis, pangan dan alasan kemanusiaan;
e. Awak alat angkut; dan
f. Orang Asing yang akan bekerja pada proyek strategis nasional.

(2) Orang Asing sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dapat masuk Wilayah Indonesia setelah memenuhi persyaratan:
a. surat keterangan sehat dalam bahasa Inggris dari otoritas kesehatan di masing-masing negara;
b. telah berada 14 (empat belas) hari di wilayah/negara yang bebas virus Covid-19;
c. pernyataan bersedia masuk karantina selama 14 (empat belas) hari yang dilaksanakan oleh pemerintah RI

“Shin Tae-yong saya kita tidak menemui hambatan masuk ke Indonesia saat ini karena ia termasuk orang asing yang akan bekerja pada proyek strategis. Kami juga akan melakukan koordinasi dengan berbagai pihak untuk proses ia kembali ke Indonesia,” jelas Iriawan.

Sebelumnya, Shin Tae-yong menyurati Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan. Ia menanyakan kepastian soal pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia U-19/U-20 dan Senior. Lalu soal keselamatannya beserta jajaran staf pelatih.

Dalam surat tersebut, Ia juga berjanji akan segera datang ke Jakarta untuk bicara persiapan Timnas Indonesia U-19 dan Senior. Lebih khusus bicara soal TC Timnas Indonesia U-19 ke Korea Selatan (Korsel).

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?