DBAsia News

Pemain-pemain Belanda sebelum Matthijs de Ligt di Juventus

Matthijs de Ligt

DBasia.news –  Juventus telah berhasil mengamankan bek asal Belanda, Matthijs de Ligt, dari Ajax Amsterdam. Kabarnya, Juventus merekrutnya sebesar 75 juta euro.

Juventus menilai, Matthijs de Ligt punya potensi menjadi satu di antara bek terbaik di dunia. Sebab, pada saat ini, De Ligt sudah tampil menjanjikan di Ajax Amsterdam dan tim nasional Belanda.

Juventus memenangi persaingan dengan Manchester United, Barcelona, Paris Saint-Germain, dan Manchester City. Kabarnya, Bianconeri unggul karena mau memasukkan klausul pelepasan dalam kontrak.

Kembali ke masa lalu, sejatinya Juventus jarang merekrut pemain asal Belanda. La Vecchia Signora lebih sering memilih pemain asal Italia, apalagi dalam posisi sebagai pemain belakang.

Meski demikian, ada beberapa pemain asal Belanda yang pernah mencicipi seragam Juventus. Bagaimana perjalanan karier mereka? Berikut tiga di antaranya:

Eljero Elia

Eljero Elia datang ke Juventus pada akhir Agustus 2011. Ketika itu, La Vecchia Signora mengeluarkan dana 9 juta euro untuk diberikan pada Hamburger Sv.

Namun, pada musim perdananya, Elia tidak mendapatkan kesempatan tampil seperti yang ia harapkan. Pemain yang saat ini sudah berusia 32 tahun itu hanya tampil pada lima pertandingan sepanjang musim.

Tidak heran, Juventus hanya mempertahankan sang pemain selama satu musim. Sebab, pada tahun berikutnya, Elia menuju Werder Bremen dengan mahar 5,5 juta euro. Kendati demikian, Elia meraih gelar Serie A 2011-2012.

Edwin van der Sar

Edwin van der Sar

Juventus tidak perlu mengeluarkan dana sepeser pun ketika memboyong Edwin van der Sar dari Ajax Amsterdam pada musim 1999-2000. Ketika itu, Van der Sar digadang-gadang sebagai satu di antara kiper dengan talenta terbaik.

Pada musim debutnya, Van der Sar mendapatkan menit bermain yang cukup banyak. Ia tampil pada 46 pertandingan dengan menorehkan 22 clean sheet.

Pada musim berikutnya, Van der Sar kembali dipercaya menjadi kiper utama. Sang kiper melakoni 34 pertandingan di Serie A dengan mencatatkan 17 clean sheet.

Cerita Van der Sar dengan Juventus terhenti usai Fulham mengajukan tawaran 10,3 juta euro pada awal Agustus 2001. Sayangnya, pria yang kini menjadi petinggi Ajax Amsterdam tersebut tidak pernah meraih gelar apa pun bersama Bianconeri.

Edgar Davids

Edgar Davids

Edgar Davids sempat keluar masuk di Juventus. Pemain yang terkenal gemar memakai kacamata itu pertama kali membela La Vecchia Signora pada musim 1997-1998 setelah meninggalkan AC Milan.

Edgar Davids bertahan lama di Juventus dan baru angkat kaki enam musim berselang. Ketika itu, Davids menuju Barcelona dengan status pinjaman.

Pada akhirnya, karier Edgar Davids di Juventus usai ketika ia menuju Inter Milan, awal Juli 2004. Selama membela Juventus, pria yang kini menjadi pelatih timnas Belanda U-20 itu tampil pada 235 pertandingan dengan koleksi 10 gol plus enam assist.

Dari sisi gelar, pemain yang punya kemampuan fisik di atas rata-rata tersebut meraih dua titel Serie A pada musim 2001-2002 dan 2002-2003.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?