DBAsia News

Misi Besar Mempopulerkan Barongsai sebagai Olahraga, Bukan Hanya Sekedar Tontonan

DBasia.news – Barongsai bukan barang baru bagi masyarakat Indonesia, tetapi masih banyak yang belum tahu kalau kebudayaan asal China ini juga termasuk olahraga. Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) Pengurus Provinsi DKI Jakarta (Pengprov DKI) saat ini tengah fokus mengubah pandangan masyarakat tersebut.

FOBI DKI Jakarta tengah mempersiapkan beberapa turnamen Kejuaraan Daerah, Kejuaraan Nasional, dan Kompetisi Terbuka dalam waktu dekat. Ketua FOBI DKI Jakarta, Charles Honoris, optimistis pandangan Barongsai di mata masyarakat bisa berubah.

“Saat ini Barongsai masih dianggap sebagai tontonan. Padahal jauh dari itu, ini sebuah olahraga, perlu keahlian khusus untuk memainkan Barongsai,” ujar Charles saat dijumpai di Gedung Candra Naya, Sabtu (7/7).

Terdekat, Charles akan mempersiapkan Kejuaraan Nasional Olahraga Barongsai yang akan diselenggarakan di Sumatera Barat pada November 2018 mendatang.

ā€œSebelum Kerjunas kita akan menggelar Kejurda DKI. Sifatnya open, artinya daerah lain juga boleh ikut serta,ā€ tutur Charles yang kembali terpilih menjadi Ketua FOBI DKI Jakarta periode 2018-2022.

Indonesia kerap kali menjuarai kejuaraan barongsai di level internasional. Sejumlah medali emas berhasil ditorehkan dan beberapa kali lagu Indonesia Raya berkumandang di dunia internasional berkat prestasi para atlet-atlet barongsai Indonesia.

Salah satu klub yang sering menjadi juara dunia adalah Kong Ha Hong, yang merupakan anggota FOBI DKI Jakarta.

Topik:

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?