DBAsia News

Jerman Jadi Tuan Rumah Piala Eropa 2024

Piala Eropa 2024

DBasia.news – UEFA mengumumkan bahwa Jerman akan menjadi tuan rumah Piala Eropa atau Euro 2024. Jerman terpilih setelah mengalahkan Turki pada pemilihan suara yang dilakukan oleh Komite Eksekutif UEFA.

Jerman meraih 12 suara berbanding empat Turki. Keputusan tersebut menjadi kegagalan lainnya bagi Turki yang juga sempat memberi penawaran untuk jadi tuan rumah Euro 2008, 2012, dan 2016, serta Olimpiade 2020.

Sementara bagi Jerman, menjadi tuan rumah Euro merupakan pengalaman pertama mereka sejak kejatuhan tembok Berlin pada 1989 dan unifikasi Jerman Barat-Timur pada 1990. Event besar lainnya yang pernah diselenggaran oleh Jerman adalah Piala Dunia 2006.

“Biarkan saya memberikan ucapan selamat kepada Federasi Sepak Bola Jerman dan Turki atas penawaran mereka yang sangat hebat,” ucap Ceferin memberi ucapan selamat.

“Saya tidak sabar menantikan selebrasi lainnya dari timnas-timnas terbaik Eropa pada 2024, dan saya tahu Jerman akan menjadi tuan rumah yang fantastis, lalu kami akan menyaksikan turnamen yang indah baik di dalam atau luar pertandingan,” paparnya.

Presiden Federasi Sepak Bola Jerman (DFB), Reinhard Grindel, tak lupa menyampaikan ucapan terima kasih kepada Komite Eksekutif UEFA yang memilih Jerman sebagai tuan rumah 2024. Ia berjanji Jerman akan jadi tuan rumah yang baik dalam waktu enam tahun mendatang.

 

Piala Eropa 2024


“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Komite Eksekutif UEFA karena kepercayaan dan keyakinannya. Saya sepenuhnya sadar akan tanggung jawab dan seberapa besar arti turnamen ini untuk UEFA. Besok kami akan mulai melakukan yang terbaik untuk memenuhi ekpektasi Anda,” imbuh Grindel.

Kontroversi juga menyertai pemilihan tersebut. Konon katanya, dari kabar yang ditulis Independent, UEFA lebih banyak memilih Jerman untuk jadi tuan rumah Euro ketimbang Turki demi alasan keamanan.

UEFA mendapatkan kabar dari tim evaluasi bahwa mengadakan Euro di Turki cukup berisiko dengan adanya isu hak-hak manusia di sana, kapasitas hotel yang terbatas di banyak kota, hingga pekerjaan infrastruktur transportasi yang jauh dari kata memuaskan. Jadi, Jerman jadi pilihan yang lebih aman ketimbang Turki.

Format pada Euro 2024 nanti juga akan kembali dengan penerapan regulasi lama, sebab di Euro 2020 tuan rumahnya ada di 12 kota berbeda di Benua Biru guna merayakan hari jadi ke-60 Euro.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?