DBAsia News

Jawa Barat Siap Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2021

DBasia.news –  Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan, beserta jajaran sedang melakukan inspeksi yang bertajuk ‘Joint Inspection’. Ini untuk memantau 10 Kota calon tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia.

Inspeksi ini belangsung dari tanggal 30 Januari sampai 20 Februari 2020. Kota-kota yang dikunjungi adalah Jakarta, Bogor, Solo, Yogyakarta, Surabaya, Bali, Bandung, Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Palembang, hingga Pekanbaru.

“Kami juga memasukkan Pekanbaru sebagai kota yang akan menjadi tujuan inspeksi calon tuan rumah Piala Dunia U-20 2021,” kata Iwan Bule.

Satu kota yang sudah dikunjungi adalah Bandung. Rombongan berkeliling Kabupaten Bandung, Kota Cimahi, Kota Bandung, dan Kabupaten Sumedang melihat Stadion Si Jalak Harupat dan delapan lapangan latihan.

PSSI juga memastikan segala infrastruktur penunjang seperti akses jalan, kondisi ruang ganti, kekuatan lampu, dan lain sebagainya.

PSSI memulai inspeksinya di Bandung dengan mengunjungi Stadion Si Jalak Harupat di Soreang, lalu lapangan latihan Sarana Olah Raga Si Jalak Harupat yang ada di sisi utara stadion.

Stadion Si Jalak Harupat berkapasitas 27.166 tempat duduk dengan kekuatan lampu 2.000 lux. Maka lapangan luar SJH memiliki 400 tempat duduk, berdiri di atas lahan 10.000 meter persegi, lampu berkekuatan 500 lux, serta menggunakan rumput sintetis.

Dari Soreang, PSSI kemudian bergerak menuju Kota Cimahi untuk meninjau lapangan Batalyon Artileri Medan (Yon Armed) 4/105 GS Kodam Siliwangi.

Selanjutnya, berturut-turut lapangan latihan yang diinspeksi adalah Lapangan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) di Setiabudi Bandung, Lapangan Sasana Budaya Ganesa (Sabuga) ITB di Tamansari Bandung, Stadion Siliwangi Bandung, Stadion Arcamanik Bandung, serta Lapangan Universitas Padjadjaran dan Lapangan IPDN di Jatinangor, Kabupaten Sumedang.

PSSI pun puas dengan inspeksi ke Bandung, khususnya provinsi Jawa Barat. Infrastuktur penunjang dan stadion utama layak untuk menggelar pertandingan internasional. Namun hanya perlu sedikit perbaikan.

“Sesuai arahan Presiden Jokowi dalam rapat terbatas persiapan penyelenggaraan Piala Dunia U-20, kita membutuhkan persiapan yang matang agar semua aspek, sampai hal-hal yang detail, terpenuhi,” kata Iwan Bule.

Selain PSSI, hadir pula Kepala Pusat Pengembangan Sarana Prasarana Pendidikan, Olahraga dan Pasar (PSPPOP) Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto, dalam inspeksi tersebut.

PSSI juga bertemu langsung dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, yang juga berada di kampus Universitas Padjajaran dan menjadi pembicara utama Reuni Akbar Fakultas Hukum Unpad.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?