DBAsia News

Fakta Laga Pembuka Premier League 2022-2023

DBasia.news – Layar Premier League 2022-2023 segera dibuka dengan laga pembuka yang akan diadakan pada Sabtu (6/8) dini hari.

Laga Crystal Palace melawan Arsenal akan membuka musim pada Sabtu (6/8) dini hari. Sedangkan sang juara bertahan Manchester City akan bertamu ke markas West Ham United, Minggu (7/8).

Berikut fakta-fakta dari sepuluh laga pekan pembuka Premier League.

Crystal Palace vs Arsenal

– Ini menjadi kali kelima Arsenal terlibat dalam laga pembuka musim Premier League. Dari lima laga tersebut, Arsenal memenangi tiga. Namun, musim lalu mereka kalah 0-2 melawan Brentford.

– Catatan head-to-head kedua tim dalam enam pertemuan terakhir di liga berimbang dengan empat kali berakhir seri dan masing-masing sekali mengalahkan satu sama lain.

– Arsenal menderita kekalahan dalam empat dari enam laga tandang terakhir mereka di musim 2021-22.

Fulham vs Liverpool

– Dua pertemuan terakhir kedua tim di liga terjadi pada 2020-21 di mana Fulham tak terkalahkan kontra Liverpool, imbang 1-1 di Anfield dan menang 1-0 di Craven Cottage. Catatan itu jadi perbaikan mentereng setelah sebelumnya selalu kalah dalam enam pertemuan di liga dari 2012 hingga 2019.

– Mohammed Salah merupakan pemain pertama di Premier League yang selalu mencetak gol di laga pekan pembuka untuk lima musim beruntun.

– Musim lalu, Liverpool punya catatan positif berupa lima kemenangan dalam enam pertemuan menghadapi tim-tim promosi.

Bournemouth vs Aston Villa

– Tim promosi Bournemouth terakhir memainkan pertandingan Premier League pada 2019-20, ketika mereka terdegradasi setelah finis di urutan ke-18 klasemen.

– Dalam lima kali pertemuan melawan tim promosi di laga pekan pembuka, Villa tiga kali kalah, sekali imbang, dan cuma satu kali menang, yakni 1-0 atas Bournemouth pada 2015-16.

– Di level Premier League, kedua tim tercatat hanya empat kali bertemu. Bournemouth tiga kali menang, sedangkan Villa hanya satu kali.

Leeds United vs Wolverhampton

– Setelah hanya meraih tiga kemenangan dalam 25 lawatan pertandingan liga ke markas Leeds, Wolverhampton memperbaikinya dengan tiga kemenangan dalam empat kunjungan terakhir ke Elland Road.

– Luke Ayling mencetak gol pada menit pertama waktu tambahan untuk mengunci kemenangan dramatis 3-2 bagi Leeds dalam pertemuan terakhir kedua tim di liga.

– Dalam catatan enam pertemuan kedua tim di Premier League, hanya satu kali yang berakhir imbang, Wolverhampton memenangi tiga di antaranya dan Leeds dua kali menang.

Newcastle United vs Nottingham Forest

– Pertandingan ini menandai penampilan perdana Forest di Premier League setelah 23 tahun.

– Forest tak punya rekor bagus melawan Newcastle di Liga Premier, di mana mereka lima kali kalah dan tiga kali bermain imbang dalam delapan pertemuan.

– Forest jadi salah satu tim Inggris tersibuk di bursa transfer musim panas ini, merekrut 12 pemain, termasuk eks Manchester United Jesse Lingard.

Tottenham Hotspur vs Southampton

– Sepanjang sejarah di Premier League, Southampton cuma bisa membukukan empat kemenangan dalam laga-laga tandang ke markas Tottenham.

– Pertemuan terakhir kedua tim di markas Tottenham berakhir dengan kemenangan 3-2 bagi Southampton yang dikunci gol-gol larut Mohamed Elyounoussi dan Che Adams.

– Rekrutan anyar Tottenham, Richarlison, harus absen dari pertandingan ini karena sanksi yang diterimanya setelah melempar suar di tengah laga Everton kontra Chelsea musim lalu.

Everton vs Chelsea

– Everton tak pernah kalah dalam lima laga kandang terakhir kontra Chelsea di liga dan memenangi empat di antaranya.

– Chelsea lebih unggul dalam catatan head-to-head keseluruhan di Premier League kontra Everton, dengan 27 kemenangan, 20 hasil imbang, dan 13 kali kalah.

– Everton dipastikan tanpa penyerang Salomon Rondon yang masih menjalani hukuman akumulasi kartu merah setelah diusir wasit dalam laga kontra Brentford musim lalu.

Leicester City vs Brentford

– Brentford masih memburu kemenangan pertama melawan Leicester di Premier League, ini jadi percobaan ketiga mereka.

– Di berbagai kompetisi, Brentford gagal menang melawan Leicester dalam 10 pertemuan yang hanya satu di antaranya berakhir imbang. Terakhir kali Brentford mengalahkan Leicester terjadi pada 1953 dalam kompetisi Divisi Dua.

– Leicester sejauh ini masih belum merekrut satu pemain baru pun dalam bursa transfer musim panas.

Manchester United vs Brighton & Hove Albion

– Laga ini bakal menandai debut bos baru United Erik ten Hag di Premier League.

– United memenangi tujuh dari 10 pertemuan kontra Brighton di Premier League, termasuk menyapu bersih lima laga di Old Trafford.

– Brihgton mempecundangi United 4-0 di dalam laga kandang sebagai pertemuan terakhir kedua tim pada Mei lalu.

West Ham United vs Manchester City

– Penyerang baru City Erling Haaland berpotensi melakoni debutnya di Premier League untuk sang juara bertahan.

– West Ham tidak pernah kalah lawan City dalam dua laga kandang terakhir di Premier League, memperbaiki catatan selalu kalah di empat pertandingan kandang sebelumnya yang diperburuk kebobolan 17 gol.

– Dalam 42 pertemuan kontra City di Premier League, West Ham cuma mencatatkan sembilan kemenangan, yang tujuh di antaranya diperoleh di kandang sendiri.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?