DBAsia News

El Clasico Ditunda hingga Desember 2019

DBasia.news –  RFEF, selaku Federasi Sepak Bola Spanyol, telah memutuskan laga El Clasico antara Barcelona kontra Real Madrid akan dihelat pada 18 Desember 2019.

“Komite Kompetisi dan Federasi sepak bola Kerajaan Spanyol telah setuju untuk menetapkan tanggal 18 Desember sebagai laga klasik FC Barcelona vs Real Madrid,” bunyi pernyataan resmi RFEF, seperti dikutip dari halaman resmi federasi, Rabu (23/10/2019).

Penetapan tanggal El Clasico yang awalnya 26 Oktober menjadi 18 Desember tersebut tak lepas dari gejoka politik di wilayah Catalan dalam beberapa hari terakhir ini.

Sebelumnya Ivan Rakitic sempat menjadi korban saat demo besar-besar menuntut Catalan merdeka. Pengadilan Spanyol membuat keputusan untuk memenjarakan sembilan tokoh prokemerdekaan Catalan yang telah menjadi tahanan politik. Mereka mendapat hukuman antara sembilan hingga 13 tahun penjara.

Keputusan tersebut sontak mendapat protes dari masyarakat Catalan. Termasuk pemain Barcelona, Gerard Pique dan mantan kapten Xavi Hernandez.

Bahkan, keputusan tersebut menimbulkan gelombang demonstrasi besar di Catalunya. Situasi itu pun membuat lalu lintas dan sistem kereta api bawah tanah lumpuh.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?