DBAsia News

China Kandaskan Perjalanan Thailand di Piala Asia 2019

 Timnas Thailand

DBasia.news – Timnas Thailand gagal mengikuti jejak Vietnam lolos ke perempat final Piala Asia 2019. The War Elephants – julukan Thailand – kalah 1-2 dari China di Stadion Hazza Bin Zayed, Minggu (20/1) malam WIB.

Pertandingan berlangsung menarik sejak awal. China lebih banyak menguasai bola dibanding wakil Asia Tenggara itu.

China meraih peluang pertama saat laga memasuki menit ke-6. Tembakan Wu Xi dari sudut sempit masih menyamping pada sisi gawang Thailand.

Empat menit berselang, China kembali menebar ancaman lewat sepakan kaki kanan Wu Lei. Namun, tendangan dari dalam kotak penalti itu belum menemui hasil.

Memasuki menit ke-20, Thailand mulai keluar dari tekanan. Teerasil Dangda dan kawan melancarkan sejumlah serangan ke sisi pertahanan China. Negeri Gajah Putih itu mencatatkan peluang melalui Tanaboon Kesarat dan Teerasil. Namun, tidak ada yang berbuah menjadi gol.

Timnas Thailand akhirnya bisa membuka keunggulan setelah Supachai Jaided mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-31. Pemain bernomor punggung 22 itu melepaskan tembakan melalui kaki kanan usai menerima umpan Thitipan Puangchan. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Setelah interval, timnas China mencoba menekan. Negeri Tirai Bambu itu mendapatkan peluang setelah Wu Lei melepaskan tembakan kaki kanan pada menit ke-48. Akan tetapi, bola masih menyamping ke kanan gawang.

China meraih peluang emas untuk menyamakan kedudukan pada menit ke-58. Namun, tembakan Yu Dabao masih melayang di atas gawang Siwarak Tedsungnden.

Timnas China akhirnya bisa menyamakan kedudukan usai tembakan kaki kanan Xiao Zhi menyusur ke sisi kanan gawang Thailand pada menit ke-67. China kian semangat mencetak gol tambahan.

Tiga menit berselang China mendapatkan tendangan penalti usai Gao Lin dijatuhkan Chalermpong Kerdkaew di kotak terlarang. Gao Lin yang maju sebagai eksekutor menjalankan tugasnya dengan baik.

Timnas Thailand nyaris menyamakan kedudukan tujuh menit jelang bubaran. Sayangnya, sundulan Chalermpong Kerdkaew masih mengarah ke sisi kiri gawang China.

Hingga akhir pertandingan Thailand terus menggempur pertahanan China. Namun, The War Elephants tidak mampu mencetak gol. Skor 2-1 bertahan hingga peluit panjang.

Dengan hasil tersebut, tim nasional Thailand gagal mengikuti jejak timnas Vietnam yang berhasil melenggang ke perempat final. Vietnam melakukannya usai membungkam Oman melalui adu tendangan penalti.

Susunan pemain:

Thailand: 23-Siwarak Tedsungnden; 3-Theerathon Bunmathan, 4-Chalermpong Kekdkaew, 6-Pansa Hemviboon, 19-Tristan Do, 16-Mika Chunudnsee, 8-Thtiphan Puanjang, 17- Tanaboon Kesarat (Pokkhao Anan 81′), 18-Chanathip Songkrasin, 22-Supachai Chaided (C. Pornbuppha 64′), 10-Teerasil Dangda

Pelatih: Sirisak Yodyadthai

China: 1-Yang Jungling; 4-Shi Ke, 5-Zhang Linpeng, 6-Feng Xiadting, 19-Liu Yang (Jin Jingdao 64′), 10-Zheng Zhi, 11-Hao Junmin, 15-Wu Xi (Zhao Xuri 82′), 7-Wu Lei, 18-Gao Lin, 22-Yu Dabao (Xiao Zhi 64′)

Pelatih: Marcello Lippi

Wasit: Mohamed Abdulla Hassan Mohd

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?