DBAsia News

Atasi Iran di Semifinal Piala Asia 2019, Jepang Nodai Laga ke-100 Carlos Queiroz

Iran di Semifinal Piala Asia 2019


DBasia.news –  Timnas Jepang mengatasi Iran di semifinal Piala Asia 2019 dengan skor telak 3-0 di Stadion Hazza Bin Zayed, Senin (28/1) malam WIB. Berkat keberhasilan meraih tiket final, tim berjuluk Samurai Blues kini telah mencapai final Piala Asia untuk kali kelima.

Jepang melaju ke final pada tahun 1992, 2000, 2004, 2011, dan di tahun ini. Uniknya, keempat edisi terakhir mereka ke final, Jepang selalu menjadi juara. Menarik untuk dinanti apakah rekor gemilang itu berlanjut di Piala Asia 2019.

Tim besutan Hajime Moriyasu merusakan laga ke-100 Carlos Queiroz sebagai pelatih Iran. Impian Iran untuk memutus kutukan tak pernah ke final selama 43 tahun lamanya pun urung tercapai.

Iran terlalu mengandalkan top skor mereka, Sardar Azmoun, untuk mencetak gol dan menjadi pembeda hasil akhir. Jepang membaca taktik itu dan mematikan pergerakan penyerang Rubin Kazan tersebut.

Striker yang memperkuat Werder Bremen, Yuya Osako, menjadi pahlawan bagi Jepang melalui dua gol yang diciptakannya di menit 56 dan 67. Pada menit 56, Osako menyambar umpan silang rekan setimnya dengan memanfaatkan kelengahan lini belakang Iran.

Di kala para pemain Iran mengerumuni wasit karena menganggap tidak adanya pelanggaran, Jepang terus melancarkan serangan dan Osako mencetak gol pertama Jepang.

Sementara untuk gol kedua diciptakan dari titik putih. Handball dilakukan pemain Iran dan melalui bantuan VAR (Video Asisten Wasit), wasit memberikan penalti dan Osako dengan tenang mengonversinya jadi gol.

Gawang Alireza Beiranvand, kiper Iran, yang belum pernah kebobolan gol sebelumnya, langsung dibobol dua gol oleh Osako. Momentum itu berlanjut untuk Jepang.

Memanfaatkan serangan balik dari serangan bertubi-tubi Iran yang berharap dapat mencetak gol, Genki Haraguchi mengunci kemenangan 3-0 Jepang dengan golnya di menit 90+1. Percaya atau tidak, ini jadi 17 laga tak pernah kalah Jepang di Piala Asia.

Terakhir, Jepang meraih kekalahan terjadi pada tahun 2007 saat melawan Arab Saudi. Semenjak kekalahan itu, Jepang menang 12 kali dan empat kali imbang. Jepang akan menanti pemenang laga semifinal lainnya antara Uni Emirat Arab (UEA) kontra Qatar yang baru berlangsung, Selasa (29/1) pukul 21.00 WIB.

Susunan Pemain:

Iran (4-2-3-1): Alireza Beiranvand; Milad Mohamadi, Hossein Kannani, Mortaza Pouraliganji, Ramin Rezaeian; Ehsan Hajsafi, Omid Ebrahimi; Vahid Amiri, Ashkan Dejagah, Alireza Jahanbakhsh; Sardar Azmoun

Jepang (4-4-2): Shuichi Gonda; Yuto Nagatomo, Maya Yoshida, Takehiro Tomiyasu, Hiroki Sakai; Genki Haraguchi, Wataru Endo, Gaku Shibasaki, Ritsu Doan; Takumi Minamino, Yuta Osako

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?