DBAsia News

AS Roma vs FC Porto 13 Februari 2019

Roma vs FC Porto


DBasia.news –  Kemenangan AS Roma 0-3 atas Chievo Verona akhir pekan lalu membuat rasa kepercayaan diri anak asuh Eusebio Di Francesco ini semakin baik jelang laga babak 16 besar Liga Champions. Roma memang sangat bermasalah dalam perihal konsistensi permainan terutama ketika menghadapi tim-tim yang kualitasnya jauh dibawah mereka. Hal ini membuat Roma terpaksa harus berjuang ekstra keras untuk berebut posisi  besar yang juga spot untuk lolos ke Liga Champions musim depan.

Laga melawan Porto sendiri akan berlangsung pada hari Rabu 13 Februari 2019 dini hari di Stadion Olimpico Roma. Bermain dikandang sendiri tentu wajib bagi Roma untuk menghindari kebobolan karena bisa berakibat fatal dalam perhitungan agregat gol. Musim lalu Roma sukses menembus babak semifinal dengan menyingkirkan Barcelona pada babak perempat final secara dramatis. Namun hal tersebut nampaknya sangat sukar terulang kembali jika melihat performa Daniele De Rossi dkk di kompetisi domestik.

Di Liga Champions sendiri performa Roma dapat dikatakan lebih baik ketimbang di Serie A, meski hanya mampu menjadi Runner-Up pada fase grup dibawah Real Madrid. Selama menjalani 2 partai dalam format Home-Away di babak fase grup Roma mampu memberikan perlawanan sengit kepada Real Madrid. Fakta itu menunjukan jika Roma masih memiliki potensi untuk menjegal langkah tim raksasa layaknya musim lalu saat menyingkirkan Barcelona.

Jelang pertandingan ini, Roma memiliki  kabar baik berupa sudah pulihnya Kostas Manolas dari cedera ankle. Bek Timnas Yunani ini seakan mengirimkan sinyal kuat tentang ketersediaannya untuk pertandingan nanti. Meskipun demikian Roma tidak akan turun dengan full team karena Patrick Schick akan absen pertandingan melawan Porto karena masalah otot. Absennya Shick membuat Roma akan banyak bergantung pada sosok Edin Dzeko yang selama musim ini kurang produktif di Serie A. Meskipun demkian Dzeko sudah menunjukan sinyal-siinyal akan segera bangkit pasca memborong 2 dari 3 gol kemengan Roma atas Chievo Verona pekan lalu.

Sementara dari kubu FC Porto tentu berambisi untuk mampu membawa pulang setidaknya 1 poin dan memaksimalkan leg kedua di Dragao. Lolos ke babak 16 besar dengan rekor yang nyaris sempurna membuat anak asuh Sergio Conceicao ini patut optimis untuk dapat melaju jauh. Satu-satunya hal yang dapat mengganggu persiapan Porto di Liga Champions tentu saja persaingan sengit mereka di Liga Portugal dengan Benfica serta Braga dalam perebutan puncak klasemen.

Dalam pertadingan ini Porto juga terpaksa kehilangan 2 striker yang selama ini menjadi andalan mereka untuk menggedor pertahanan lawan. Moussa Marega top skor Liga Portugal musim lalu menderita cedera lutut dan diperkirakan baru kembali tersedia pada akhir Februari nanti. Backup Marega, Vincent Aboubakar juga bernasib sama dan juga dipastikan akan absen dalam lawatan ke Roma. Praktis Porto akan banyak mengandalkan kekuatan lini kedua mereka yang bakal dimotori oleh 2 winger lincah Yacine Brahimi serta Jesus Corona.

Pincangnya Porto dalam laga kali ini diprediksi akan dimanfaatkan dengan baik oleh AS Roma yang sedang dalam form terbaik mereka.

AS Roma (4-3-3) : Robin Olsen (GK) Alesandro Florenzi, Kostas Manolas, Federico Fazio, Aleksander Kolarov, Daniele De Rossi, Lorenzo Pellegrini, Nicola Zaniolo, Stephan El Sharawy, Edin Dzeko, Justin Kluivert.

FC Porto (4-3-3) : Iker Casillas (GK) Eder Militao, Pepe, Felipe, Alex Telles, Hector Herera, Danilo Pereira, Oliver Torres, Yacine Brahimi, Tiquinho Soares, Jesus Corona

Prediksi skor AS Roma menang dengan skor 3-1.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?