DBAsia News

Angkat Koper dari Piala Asia 2019, Nasib Eriksson Rawan Dipecat

Sven Goran-Eriksson

DBasia.news – Timnas Filipina tidak dapat berbicara banyak di ajang Piala Asia 2019. Tiga kali bermain di fase grup Filipina tidak pernah menang dan teranyar, kalah 1-3 dari Kirigistan, Rabu (16/1) malam WIB.

Vitalij Lux tampil gemilang untuk Kirgistas dengan memborong semua gol timnya. Sementara gol hiburan Filipina dicetak Stephan Schrock di menit ke-81.

Hasil ini membuat Filipina dipastikan angkat koper dengan menjadi juru kunci Grup C dengan rekor selalu kalah, kebobolan tujuh dan membuat sebiji gol.

Sejak laga dimulai, Kirgistan sudah mengendalikan tempo permainan. Bahkan mereka mampu mengunci tim asuhan Sven Goran-Eriksson bermain setengah lapangan.

Gol pembuka terjadi pada menit 24 setelah Lux meneruskan umpan silang Akhlidin Israilov. Pada pengujung babak pertama, Lux nyaris membuat gol kedua Kirgistan. Sayang bola hasil sepakan kaki kirinya hanya menerpa tiang gawang.

Lux akhirnya kembali menjebol gawang Filipina pada menit 51 lewat sepakan keras kaki kanannya. Hat-trick sukses dibuat Lux menyusul golnya ke gawang Filipina pada menit 77.

Pada menit ke-81, Filipina mendapatkan gol hiburan melalui Stephan Schrock, yang tampil apik sepanjang turnamen.

Hasil ini tentu mengecewakan bagi Filipina yang berharap paling tidak meraih poin pada debut mereka di Piala Asia. Meski begitu, Filipina sempat mencuri perhatian ketika mampu menyulitkan Korea Selatan pada laga pertama. Namun selepas itu, Filipina dihantam China 0-3 dan terakhir 0-3 oleh Kirgistan.

Yang menjadi pertanyaan adalah, apakah Filipina masih akan mempertahankan Sven Goran-Eriksson sebagai pelatih? Pasalnya kontrak mantan pelatih timnas Inggris itu akan habis akhir bulan Januari ini.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?