DBAsia News

AC Milan Lipat Fiorentina 5-1: Rossoneri Lolos Langsung ke Liga Europa

AC Milan Lipat Fiorentina 5-1: Rossoneri Lolos Langsung ke Liga Europa

IDNGoal.news, AC Milan menang 5-1 menjamu Fiorentina dalam pekan ke-38 Liga Italia di Stadion San Siro, Milan, pada Minggu (20/5/2018) pukul 23.00 WIB.

Lima gol kemenangan AC Milan dilesatkan oleh Hakan Calhanoglu (20′), Patrick Cutrone (42′, 58′), Nikola Kalinic (49′), dan Giacomo Bonaventura (76′)

Adapun satu gol milik Fiorentina dihasilkan dari kaki Giovanni Simeone pada menit ke-23.

 

Dilansir BolaSport.com dari laman resmi Lega Serie-A, AC Milan yang lebih mendominasi dengan 54 persen penguasaan bola, menghasilkan 11 tembakan ke gawang dari total 16 peluang.

Sedangkan Fiorentina menghasilkan tujuh percobaan dengan tiga di antaranya on target.

 

Sejak babak pertama dimulai, kedua tim menunjukkan antusiasme tinggi dengan langsung berani melakukan penetrasi ke pertahanan lawan.

Peluang pertama tuan rumah datang pada menit keenam, setelah Franck Kessie melakukan manuver dan menembak ke gawang Fiorentina yang dijaga Marco Sportiello.

Namun, Sportiello sigap menepis bola. Bola muntah tepisan Sportiello juga gagal di teruskan Patrick Cutrone sebab menyamping di kanan gawang.

Terlalu asyik memainkan bola di setengah lapangan, Leonardo Bonucci kehilangan bola oleh intersep yang dilakukan Federico Chiesa.

Chiesa lantas berlari dan melepaskan throughpass kepada Giovanni Simeone.

 

Anak pelatih Atletico Madrid, Diego Simeone, itu tak menyia-nyiakan peluang dan membobol gawang Gianluigi Donnarumma pada menit ke-20.

Keunggulan satu gol tim tamu nyatanya tak berselang lama.

Melalui situasi tendangan bebas dari luar kotak penalti, Hakan Calhanoglu sukses memperdayai Sportiello tiga menit setelah gol Simeone.

Gol itu membuat eks pemain Bayer Leverkusen kini telah mengemas enam gol di Liga Italia.

Empat menit jelang babak pertama bubar, Calhanoglu menjadi dalang terbobolnya gawang Fiorentina untuk kali kedua.

Umpan silang cantik yang ia lepaskan, berhasil disundul Cutrone dengan sempurna. Skor 2-1 untuk keunggulan AC Milan menutup babak pertama.

AC Milan langsung tancap gas pada babak kedua, kali ini serangan dominan disematkan dari sisi kanan pertahanan Fiorentina yang diinisiasi overlap fullback kiri Ricardo Rodriguez.

Babak kedua yang baru berjalan empat menit, Milan sukses tambah keunggulan menjadi 3-1 via sontekan Nikola Kalinic yang memanfaatkan bola muntah sundulan Cutrone menyambut umpan silang Calhanoglu.

Gol itu seolah menjadi usaha yang sia-sia bagi Fiorentina yang memasukkan kiper Bartlomiej Dragowski menggantikan Sportielli pada babak kedua.

Milan yang terus menyerang semakin menjadi mimpi buruk bagi skuat asuhan Stefano Pioli, setelah Cutrone lesakkan gol keduanya pada menit ke-58.

 

Keran gol skuat asuhan Gennaro Gattuso mengucur kembali seusai Giacomo Bonaventura yang melakukan solo run berhasil mengelabui Dragowski.

Hingga laga usai tak ada lagi gol tercipta, AC Milan pun menangi laga 5-1 atas Fiorentina.

Hasil ini membuat Milan mantap di posisi enam klasemen dengan 64 poin, yang membuat mereka lolos langsung ke Liga Europa musim depan.

 

Sedangkan Fiorentina menutup musim ini dengan 57 angka dan duduki peringkat delapan klasemen.

AC Milan 5-1 Fiorentina (Hakan Calhanoglu 23′, Patrick Cutrone 42′, 58′, Nikola Kalinic 49′, Giacomo Bonaventura 76′; Giovanni Simeone 20′)

Susunan Pemain

AC Milan (4-3-3): 1-Gianluigi Donnarumma; 68-Ricardo Rodriguez, 13-Alessio Romagnoli, 19-Leonardo Bonucci, 2-Davide Calabria; 5-Giacomo Bonaventura (57-Emanuele Torrasi 85′), 73-Manuel Locatelli, 79-Franck Kessie; 10-Hakan Calhanoglu, 7-Nikola Kalinic (31-Luca Antonelli 78′), 63-Patrick Cutrone (9-Andre Silva).

Pelatih: Gennaro Gattuso.

Fiorentina: (4-3-2-1): 57-Marco Sportiello (97-Bartlomiej Dragowski 46′); 3-Cristiano Biraghi, 31-Vitor Hugo (15-Maximiliano Olivera 28′), 20-German Pezzella (76-Bruno Gaspar 46′), 4-Nikola Milenkovic; 24-Marco Benassi, 14-Bryan Dabo, 19-Sebastian Cristoforo; 25-Federico Chiesa, 8-Riccardo Saponara; 9-Giovanni Simeone.

Pelatih: Stefano Pioli.

Wasit: Michael Fabbri.

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?